Kind of Writer's Personality..


"Travelling" for Happiness
"Mahasiswing" for A Better Education

"Web Developing" For Digital Intellectual

"Searching" For His Missing Rib

Sinopsis & Review Drishyam (2015), ketika Realitas Merekayasa Aktualitas


Merekayasa realita yang ada dengan juga melakukan realita, menggunakan intelegensi dari hobi untuk bertindak cerdas. Itu lah sedikit gambaran dari seorang Vijay, karakter utama film Thriller-Mystery Bollywood tahun 2015 yang memiliki judul Drishyam. Film ini sendiri adalah hasil remake dari film tahun 2013 dengan judul yang sama. 

Entah bagaimana ceritanya, gue tiba-tiba tertarik buat nonton film thriller dari negara India yang satu ini. Setelah beberapa kali tau tentang Thriller India yang ratingnya tinggi-tinggi di IMDB, baru kali ini gue "cukup" penasaran. Ternyata bukan cuma film thriller english, spanish atau korean aja yang bisa menawarkan cerita-cerita thriller yang "suspense" berkelas, cerita thriller yang ditawarkan film India juga nggak kalah gokil. Tapi permasalahannya adalah... gue lupa, ini film India. Ketika scene yang disajikan lagi seru-serunya dan menghadirkan suasana suspense, eh.. malah dikasih lagu khas India buat joget-jogetan. Pembunuhan mood penonton pun terjadi.


Cast: 
Ajay Devgan as Vijay
Ishita Dutta as Anju


Sinopsis Drishyam


Vijay adalah seorang pengusaha tv kabel yang cukup sukses. Meskipun merupakan seorang yatim piatu dan hanya lulusan kelas 4 sd, namun hobi "menonton film" dari Vijay membuatnya memiliki intelegensi yang cukup tinggi. Sebagai seorang pengusaha, Vijay hidup bahagia bersama seorang istri dan kedua anak perempuannya. Vijay juga memiliki image yang cukup baik di mata tetangganya karena sikap bijak dan kritisnya. 

Suatu hari, Sam, anak dari seorang pejabat ternama menghilang. Keluarga Vijay menjadi tersangka atas hilangnya Sam dan dituding sebagai pembunuh. Celakanya lagi, ibu dari Sam, Meera Deshmukh, adalah seorang inspektur kepolisian yang dikenal kejam dan sangat ditakuti. Penyelidikan kepada keluarga Vijay pun terjadi. Apa yang terjadi kepada Sam? Dapatkah Vijay melindungi keluarganya?




Review Drishyam


Merekayasa sebuah kenyataan dengan melakukan kenyataan, itulah yang dilakukan seorang Vijay selama film ini berlangsung. Bukan hanya bertindak sebagai pengusaha tv kabel, hobi "menonton film" yang dimilikinya membuat dirinya secara tidak langsung menjadi sutradara cerdik yang meracik sebuah skenario apik untuk melindungi keluarganya. 

Film dibuka dengan scene yang cukup menipu, dimana Vijay sedang terduduk dengan tatapan kosong di sebuah kantor polisi. Cerita kemudian mengalami kilas balik dari sebelum terjadinya perkara dimana Vijay dan keluarganya adalah seorang keluarga bahagia dan cukup dihormati di desanya, hingga akhirnya sebuah petaka datang ke dunia Vijay. 

Pengenalan terhadap sosok Vijay dan keluarganya dieksekusi tidak bertele-tele dengan menonjolkan sisi bijak dan cerdik dari seorang Vijay. Pengenalan ini lah yang membuat penonton seakan dihasut untuk memihak keluarga Vijay, terlepas dari kesalahan yang telah mereka perbuat. Sebaliknya, pengenalan terhadap pihak kepolisian dieksekusi secara kurang bersahabat, dimana pengenalan polisi yang diawali dengan karakter Gaitonde seakan membuat penonton mencap bahwa polisi dalam film ini adalah sosok bringas terlepas dari kebenaran yang berusaha mereka ungkap. 





Konflik yang beradu antara keluarga Vijay dan pihak kepolisian benar-benar memainkan sisi emosional penonton. Di satu sisi, keluarga Vijay dikenal sebagai figur yang baik, namun nyatanya mereka berusaha untuk menutupi kebenaran. Di sisi lain, pihak kepolisian dikenal sebagai figur korup dan tidak adil, namun ternyata mereka berusaha untuk mengungkap kebenaran. Bukan hanya beradu mengungkap fakta, Vijay dan kepolisian pun dalam konteks ini juga beradu memenangkan opini, simpati, dan empati publik. Dan bagaikan puzzle, film ini menyimpan sebuah misteri yang benar-benar diungkap di akhir dari ceritanya untuk menjawab sebuah pertanyaan "Dimana?".

Penyelesaian konflik dari seorang Vijay yang ditawarkan film Drishyam ini tak henti-hentinya membuat banyak penonton terkagum-kagum. Bagaimana kecerdikan yang begitu terukur, sistematis dan matang bisa dilakukan seseorang yang pendidikannya tidak seberapa. Metode demi metode yang dilakukan Vijay untuk menyelesaikan konflik dan kecurigaan polisi terhadap dirinya, berhasil beberapa kali menciptakan sebuah suasana suspense yang membuat film berdurasi 163 menit ini tidak terasa begitu lama. Padahal, durasinya dua setengah jam lebih, loh.

Rating yang cukup tinggi di beberapa situs untuk film hasil remake ini tentunya bukan hanya sebagai angka semata, namun juga sebagai ukuran dari apresiasi dan kepuasan penonton. 

                       

11 comments:

  1. aaaak yang main om Ajay Devgan?!
    sudah lama gak nonton film yang ada dianya hhehe
    lebih sering nonton pas bintang utamanya si kajol (biniknya)

    tapi lumayanlah buat list donlotan gue minggu ini hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue bahkan nggak tau siapa yang main..

      Delete
  2. Sepertinya seru nih mas. List ah buat dicari dan ditonton. Thank mas. Aku sendiri tidak begitu tahu tentang film. Biasanya dapat film juga dari tmen..hehe

    ReplyDelete
  3. lama banget gw gak nonton film india, entahlah tapi kalo bukan syah ruk khan yg maen kok gw ga minta yah, pokoknya kudu syak rukh khan..

    ReplyDelete
  4. WOW!! Film India, aku sih biasanya suka nonton film India yang pemainnya Shakhruk Khan, Krihtik Roshan, Kajol, Rani Mukerjee, Karena Kapoor... pokoknya mereka-mereka deh.. film India yang lainnya sih malas, apalagi film India yang tayang dari pagi sampai pagi di TV itu tuh, malas banget.. :D

    #SalamKunjunganBalik

    ReplyDelete
  5. haha, emang yaa film indihe mah lagi sedih2nya atau lagi deg-degan malah nyanyi joged-jogedan.

    ReplyDelete
  6. Bdw, gue sangat2 suka thriler, mystery dari India. Beberapa yg sudah gue tonton ngga mengecewakan. Mau nyoba nonton ini..

    ReplyDelete
  7. Aku taunya film india yang nari nari drama musikal gitu lah
    baru tau kalau ada thriller nya juga.
    hahaa

    Penisirin jadinya kan.

    ReplyDelete

BELI SEPATU KUY!

@bokangco_id