Friday, March 10, 2017

Sinopsis & Review Joy Ride (2001), Thriller Holywood Apik Rasa Klasik


Cerita thriller-mysterynya ada, sadisticnya ada, rasa klasiknya juga ada. Begitulah sedikit gambaran dari film Thriller Holywood keluaran tahun 2001 ini, Joy Ride. Film yang juga berlanjut dengan dua sekuel lainnya ini mungkin memang terbilang sedikit terlupakan untuk ukuran film thriller yang diperankan Paul Walker di awal abad 21.

Terlupakan yang dimaksud adalah karena ketika berbicara tentang film Thriller Holywood di awal tahun 2000, mungkin yang ada di bayangan para pecinta thriller adalah film seperti memento (2001), frequency (2000), identity (2003), Donnie Darko (2001), dan mungkin ada yang belum bisa move on dari film Thriller di penghujung abad ke 20 kayak Fight Club (1999) atau SE7EN (1995). Mungkin cuma sedikit yang tau Joy Ride, padahal untuk ukuran cerita thriller-mystery dan sadistic yang ditawarkan film ini cukup apik loh... 

Cast:
Paul Walker
Steve Zahn
Leelee Sobieski


Sinopsis Joy Ride



Berawal dari 2 kakak beradik, Lewis (Paul Walker) dan Fuller yang ingin menikmati libur musim panas dengan bertemu pacar Lewis yang bernama Vena. Untuk sedikit bersenang-senang ditengah perjalanan yang membosankan, muncul ide iseng dari Fuller untuk membuat lelucon menggunakan radio cb yang biasanya digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna mobil lainnya. Mereka kemudian terhubung dengan radio cb yang dimiliki oleh seorang sopir truk. 




Lewis yang pada awalnya menolak ide kakaknya itu pun pada akhirnya berperan sebagai aktor yang berpura-pura menjadi perempuan untuk menggoda sopir truk tersebut. Dengan nama "Candy Cane", mereka membuat lelucon dengan sang sopir. Awalnya mereka menikmati lelucon tersebut, sampai akhirnya mereka sadar kalau sopir truk yang mereka jadikan sasaran lelucon mereka adalah seorang Rusty Nail, psikopat berdarah dingin yang misterius.



Review


Dikejar-kejar sopir truk piskopat karena perbuatan iseng, itulah Joy Ride. 

Film ini diwarnai dengan pengenalan masing-masing karakter yang cukup mengalir. Diawali dengan sosok Lewis, Vena, kemudian Fuller, dan pada akhirnya sang sopir truk misterius Rusty Nail. Sosok berandalan dari Fuller yang digambarkan dengan catatannya yang sering keluar masuk penjara dan memiliki konflik dengan orangtua membuatnya menjadi karakter yang mengawali konflik dengan ide radio cb nya.

Lain Fuller lain Lewis, yang digambarkan sebagai sosok kalem yang mudah dipengaruhi. Sosok berandalan sang kakak, dan sosok 'mudah dipengaruhi' sang adik menjadi awal petaka yang memicu konflik utama dari film ini. Cukup sederhana memang, namun menjadi unik karena media pemicu konflik yang digunakan di film ini adalah dengan menggunakan radio cb. 






Sosok sang sopir truk kemudian dibawakan oleh Rusty Nail, seorang psikopat berdarah dingin yang pendendam dan sangat misterius. Joy Ride meskipun cukup terbilang sadistic, namun tetap mengutamakan jalan cerita dari film yang ditabur dengan bumbu misteri mengenai sosok Rusty Nail. Meskipun dibuat penasaran dengan pertanyaan siapa sebenarnya Rusty Nail, di ending film rasa penasaran penonton akan dibuat sedikit terobati, meskipun tidak sepenuhnya dibuat mengerti.

Entah kenapa, gue cukup tertarik dengan radio cb yang digunakan di film ini. Menjadikan radio cb sebagai media penghubung dan pemicu konflik memang menjadi hal yang cukup menarik di film ini. Bahkan di sekuel selanjutnya pun radio cb tetap menjadi media yang digunakan Joy Ride 2 yang kembali sedikit sadis namun tetap bercerita. Menjadikan 'motel' sebagai salah satu tempat adegan thrilling pun juga menunjukkan ciri khas thriller holywood klasik yang ada di film Joy Ride ini.

Diwarnai dengan misteri, film ini juga diakhiri dengan sebuah misteri. Pertanyaan "Siapa Sebenarnya?"  mungkin akan menyelimuti penonton sampai dengan akhir film Joy Ride ini. Bahkan, sampai dengan di sekuel selanjutnya. 


                       

Joy Ride 2 : Dead  Ahead

16 comments:

  1. Semalam atan kapan ya aku udah kesini tapi belum ninggal jejak.. Penasaran aku, sekarang ada di online kan ya, Mas ? Coba aku cari lah, itu video trailernya singkat banget mas..hee

    Gambar terakhir menyeramkan :(

    ReplyDelete
  2. Abis nonton paul walker di fast and furious terus nonton joy ride rasanya ada yang aneh wkwk.
    tapi sejauh ini peran paul selalu cocok main di film apapun.
    apalagi film genre thriller mistery kayak gini.
    kusuka!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yak, beda genre nya lumayan kerasa sih yak yang satu rada gore, yang satu full action. Gue bukan pecinta ff sih..

      Delete
  3. kayak pernah nonton di bioskop trans tv dulu.. sempat kecewa karena kalo dari judul gw kira tentang balapan mobil (karna ada paul walker juga), eh ga taunya malah kejar2an terror

    ReplyDelete
  4. Belum opernah nonton filmnya aku heheh, tapi melihat dari tulisanmu sepertinya ini film tentang terror yang dibumbui misteri ya, setahuku kalau yang main Paul Walker sih temanya balapan, seperti Fast and Furious.

    ReplyDelete
    Replies
    1. paul walker mungkin memang jodohnya sama film tentang mobil-mobilan..

      Delete
  5. Aku ga terlalu suka film yang seperti ini. Gatau kenapa, daripada kebayang2 aku memilih tdk menonton
    Walaupun sesekali dipaksa temen, itu juga sambil jerit2 nontonnya.
    Kayanya kalo nonton film ini aku bakal jerit2 juga. Aku sempet salah fokus mau nanya emang yang main paul walker beneran, kan udah meninggal. Taunya ini film tahun 2001 heheu

    ReplyDelete
  6. Wah aku jadi tertarik sama film ini setelah membaca reviewmu. Seru nih kayaknya ceritanya. Menegangkan dan bikin gregetan. Jujur aja aku cukup menikmati film film sadis apalagi tentang psikopat gini. Keren menurutku cerita yang mengangkat tema psikopat. Haha
    Aku hsrus menonton. Harus!

    ReplyDelete
  7. Entah kenapa gue gak begitu suka sama film ini. Orangnya gue menye2 sih. wkwkw
    Bukan gak suka sih, tapi klo ada pilihan lain yang beda genre gue lebih milih yang lain

    ReplyDelete
  8. kok aku jd penasaran yaa :D.. apalagi ada paul walkernyaaa ^o^.. coba ah jev, ntr aku cari filmnya.. aku suka memang ama film2 sadis serem begini... beda ama film hantu yg cuma bisa bikin teriak2 trs keingetan tiap malam ampe berbulan2 ;p.

    ReplyDelete
  9. Jadi rusty nail itu yang mana?? Masih penasaran ini sama endingnya siapa sebenarnya rusty nail itu... Kaya masih idup pas suara yang sama keluar dari radio mobil ambulance..

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>