Saturday, March 25, 2017

National Treasure, Dwilogi Film Mystery-Adventure Terbaik!


Beberapa waktu yang lalu entah bagaimana awalnya, gue ketemu film Mystery -Adventure yang judulnya National Treasure. Setelah ditonton lebih lanjut, dapat ditraik kesimpulan kalau film ini adalah film keren yang kurang terekspos. Film bersequel ini punya ciri khas misteri dengan rasa yang bisa dibilang mirip kayak triloginya Tom Hanks (The Davinci Code, Angel and Demons, Inferno). Bedanya, kalau di triloginya Tom Hanks unsur agamanya lebih dikentalkan, maka di film National Treasure unsur pencarian harta karun yang lebih diolah menjadi suspense dengan taburan adventure yang dicampur misteri. 

This scene is so hilarious,,
Film ini sendiri adalah film dwilogi dengan judul film pertama National Treasure (2004) dan film ke 2 National Treasure: A Book of Secret (2007). Hal yang keren dari film dwilogi ini adalah film ini bukan hanya bisa menciptakan suasana suspense dengan tema petualangan-misterinya, namun juga bisa mengedukasi penonton tentang ilmu-ilmu sejarah.

Cast: 
Nicolas Cage - Benjamin
Diane Kruger - Abigail
Justin Bartha - Riley


Sinopsis National Treasure (2004)




Keluarga Gates adalah keluarga yang telah lama dikenal karena misi pencarian harta karunnya. Keluarga Gates percaya, ada sebuah harta tersembunyi dari abad ke 11 yang telah dibawa ke Amerika dan disembunyikan oleh tokoh terkenal seperti Thomas Jefferson dan George Washington. Sayangnya, dari masa ke masa keluarga Gates tidak pernah berhasil menemukan harta tersebut karena tak seorang pun dari Gates yang mampu memecahkan misteri tentang lokasi dimana harta tersebut berada. Namun tidak begitu bagi Benjamin Franklin Gates, berbeda dengan para leluhurnya yang menyerah dalam pencarian harta, Benjamin berusaha membuktikan kepada dunia bahwa pencarian keluarga Gates bukan hal yang sia-sia. 

Pencarian Benjamin kemudian berakhir dengan sebuah kode yang tertera di balik 'declaration of independence', surat deklarasi kemerdekaan yang ditandatangani untuk membuat Amerika merdeka. Permasalahan kemudian hadir karena declaration of independence merupakan surat yang sudah berusia ratusan tahun dan tersimpan di museum nasional Ameika dengan penjagaan yang sangat ketat. Dengan bantuan rekannya yang bernama Riley, berbagai cara pun mereka lakukan untuk dapat mengambil declaration of independence dan memecahkan kode yang ada dibaliknya.



Sinopsis National Treasure: A Book of Secrets (2007)




Kalau di National Treasure sebelumnya pencarian harta karun Benjamin Gates dimulai dari misteri yang ada dibalik surat deklarasi kemerdekaan Amerika yang ditandatangani Thomas Jefferson, maka di National Treasure berikutnya perjalanan Gates dimulai dari misteri kematian Abraham Lincoln, presiden ke 16 Amerika. Keluarga Gates percaya, sebelum kematian Lincoln yang tewas terbunuh, ada sebuah pesan rahasia tentang lokasi 'kota emas' yang diberikan kepada kakek Gates oleh pihak pembunuh Abraham Lincoln. Konspirasi tentang pembunuh Lincoln dan lokasi kota emas pun membuat Ben kembali melakukan pencarian harta. Masih dengan rekan-rekannya, perjalanan Ben membawaknya ke Mount Rushmore, Patung Liberty, sampai Menara Eiffel, White House, bahkan sampai skenario menculik presiden Amerika saat itu untuk mempertanyakan sebuah konspirasi tentang 'buku rahasia'.



My Review 


National Treasure menawarkan sebuah sensasi suspense dari pencarian harta karun yang sangat kental dengan misteri dan petualangan. Plot cerita dan scene yang dieksekusi membuat film ini bisa dibilang sebagai film tentang 'pencarian harta karun' yang paling keren. Yang jelas, film ini  berbeda dengan film tentang pencarian harta karun lainnya kayak Lost & Found (2016), yang udah capek-capek memecahkan misteri harta dan diakhiri dengan kenyataan kalau ternyata harta karun yang dicari cuma retorika karena harta yang paling berhaga adalah keluarga (WTF?!). 

Misteri demi misteri dari kode yang berhasil dipecahkan, yang kemudian membawa Benjamin berpetualang kesana kemari dan melakukan aksi-aksi menegangkan membuat film National Treasure ini terasa seperti film triloginya Tom Hanks (The Davinci Code, Angel and Demons, Inferno).









Intelegensi yang dimiliki dari Nicolas Cage di film ini memang bisa dibilang 11-12 dengan intelegensi Tom Hanks di The Davinci Code dan sequel-sequelnya dalam memecahkan sebuah kode. Selain Adventure-Mystery, situasi suspense juga diwarnai adegan action yang ditampilkan oleh Benjamin Gates untuk melawan pihak-pihak antagonis. Komedi yang ditaburkan juga membuat film ini terasa tidak membosankan dan sangat menarik untuk diikuti jalan ceritanya dari awal sampai akhir.  Bisa dikatakan, film National Treasure ini memiliki porsi yang sempurna dari beberapa elemennya. 

Hal yang menarik dari 'pencarian harta karun' di film dwilogi ini kemudian adalah pencarian harta karun yang selalu dimulai dari edukasi tentang sejarah Amerika yang direpresentasikan oleh declaration of independence dan misteri kematian Lincoln. Isu-isu sejarah yang ditabur fiksi kemudian menjadi menu dengan porsi Mystery-Adventure-Action-Comedy yang cukup mengenyangkan penonton. Kompleksitas teka-teki yang muncul di film ini memang bukan tipe teka-teki yang bisa mengajak penonton untuk ikut merasakan bagaimana menjadi seorang Benjamin, namun teka-teki yang disajikan tetap bisa mengundang rasa ketertaikan penonton karena pemecahan yang disampaikan dengan edukas-edukasi tentang sejarahnya.

Untuk ukuran film dwilogi, film dengan durasi yang sama-sama lebih dari 2 jam ini adalah film yang sangat menarik untuk dinanti triloginya. 

                   

                  

11 comments:

  1. Paling suka kalau film ada komedinya, bikin gak bosen gitu..
    Baru tau ini film, pdahal udah lama tayang yah, memang masalah film aku ini ketinggalan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sedikit underrated memang bro..

      Delete
  2. aku prnh nonton nih, tp udah lupa banget ceritanya gimana hahahaha... suami penggemar berat nicolas cage.. aku suka sih ama aktingnya si Cage ini, tp kenapa yaaa kalo ada adegan romantis gitu, ga bisa cocok ;p... soalnya muka dia culun bener :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. doi emang keren banget sih yak aktingnya.. untuk adegan romantis hmm... entah lah :")

      Delete
  3. Aku kayaknya dulu pernah nonton tapi kok lupa yaaa
    yg aku ingat cuma Nicholas Cage wkwkwkwk

    ReplyDelete
  4. kok aku g tau yah kalau ada film sejenis the davinci code, fix kudet!
    besok pas di kantor fix harus download film ini! aku datang om nicho!!

    ReplyDelete
  5. National Treasure, sudah tidak terhitung lagi entah berapa kali saya menontonnya. Aktor utamanya itu adalah idolaku. Aktingnya sungguh luar biasa.
    Pokoknya film ini sangat enak untuk ditonton.

    ReplyDelete
  6. Belum pernah nonton. Udah banyak film yang model begini jef. Tapi seru juga kayaknya. Kalo sempet aku tonton dah.

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>