Sunday, April 30, 2017

The Invisible Guest (2017), Kepiawaian Oriol Paulo Merangkai Puzzle Thriller


Para pecinta Thriller mungkin telah lama mengenal Alfred Hitchcock sebagai master of suspense. Ya, Hitchock mungkin memang master of suspense, tapi pada zamannya. Di abad 21, kalau ditanya sutradara film thriller mana yang layak disematkan gelar master of suspense karena film thrillernya, mungkin Oriol Paulo adalah jawaban terbaik. Disamping Christoper Nolan yang thrillernya kerap dibumbui dengan sci-fi, Oriol Paulo memiliki trhiller dengan misteri kompleks yang cerdas dan berkelas.

Setelah film The Body / El Cuerpo (2012), Oriol Paulo kembali membuktikan kepiawaiannya dalam 'merangsang' situasi suspense dengan Thriller-Mystery nya di film The Invisible Guest / Contratiempo (2017). Sama seperti The Body, The Invisible Guest dibuat Oriol Paulo seakan seperti Puzzle yang keping demi kepingnya baru bisa terbentuk secara rapih di ending dari film. 


Cast: 
Mario Casas
Bárbara Lennie


Sinopsis The Invisible Guest / Contratiempo (2017)

Adrian Doria merupakan pengusaha muda yang kaya dan sedang berada di puncak dari karirnya. Namun sayangnya, di tengah indahnya kehidupan, ia terlibat kasus kejahatan sebagai tersangka pembunuhan seorang wanita bernama Laura Vidal yang sebenarnya merupakan selingkuhannya sendiri. Namun meskipun merupakan tersangka, Adrian terus memungkiri tuduhan-tuduhan yang diberikan kepadanya. Hal ini membuat Virginia Goodman selaku pengacara yang disewa oleh pihak Adrian harus berpikir keras untuk dapat membebaskan kliennya tersebut. 

Kasus kematian Laura kemudian memiliki koneksi dengan kasus menghilangnya seorang pemuda bernama Daniel Garrido. Konspirasi tentang menghilangnya Daniel dan tertuduhnya Adrian sebagai pembunuh Laura kemudian membawa Adrian dan Virginia kepada spekulasi tentang orangtua Daniel sebagai dalang dibalik semua ini.


Review 


The Invisible Guest sejatinya adalah salah satu thriller Spanish yang sukses merangsang suasana suspense bagi penonton, di samping film thriller Spanish lain seperti The Body atau The House at The End of Time tentunya. Dari trailernya, satu hal yang membuat gue tertarik untuk mencicipi film ini adalah karena ada Oriol Paulo sebagai directornya. 




Sama seperti skenario di film-film sebelumnya, Oriol Paulo akan membuat sosok yang sebenarnya bersalah terlihat tidak terlalu bersalah diawalnya. Aksi balas dendam lagi-lagi menjadi salah satu elemen dari film thriller-mystery Oriol paulo, seperti di 2 film sebelumnya yaitu Secuestro (2016) dan El Cuerpo (2012). Pengenalan masing-masing tokoh dibuat Oriol menjadi sangat menarik untuk dicermati. Alur flashback yang cukup mencekam dan misteri yang ditaburkan, membuat film The Invisible Guest ini terasa seperti puzzle yang menanti untuk diselesaikan. 

Salah satu yang menarik dari film ini adalah ability to survive dari sosok Adrian. Praktis sepanjang film konflik yang lahir secara general adalah perseturuan antara Adrian yang berusaha menjaga rahasia dengan orangtua Daniel Garrido yang berusaha mencari kebenaran.  Metode-metode yang dilakukan 2 pihak ini kemudian yang membuat film ini terasa menegangkan. Sebagai penyempurna, sebuah twist yang mencengangkan telah tersaji di akhir dari film ketika puzzle misteri  telah terbentuk dengan sempurna. Ending dari film The Invisible Guest merupakan penegas karakter mana yang lebih cerdas. Apakah Adrian, atau orangtua Daniel, atau ada sesuatu yang lain.

Flashback, Mystery, dan Revenge menjadi 3 instrumen penting Oriol Paulo dalam mengeksekusi cerita thriller. Oriol Paulo mengaplikasikan ketiga instrumen tersebut di film The Invisible Guest, dengan menyajikan sebuah ending yang tidak biasa dan mungkin akan terasa absurd jika kita hanya memikirkannya tanpa melihatnya. Teruntuk para pecinta thriller-mystery ataupun thriller spanish, film berdurasi 106 menit akan menjadi lauk yang sangat nikmat untuk dicicipi.

                       

12 comments:

  1. Aku kok kudet sih, jarang nonton film sih jeff jadi ga tau deh The Invisible Guest ini. Duh
    Aku harus banyak2 nonton dan baca review lol
    Sepertinya cocok aku tonton sama bimo. Tfs jeff

    ReplyDelete
  2. Selalu ada yang baru kalau maen ke blog Mas Jeff nih, khususnya tentang film. Aku sendiri kurang update soalnya. Jadi sedikit ada referensi film dari Mas Jeff..

    Aku tonton dulu aja trailernya, biar gak penasaran. Oh ya, Mas Jeff. Biasanya kalau nonton film suka dimana, khususnya onton online ??

    ReplyDelete
  3. Aku sebagai seorang penikmat film pakai banget, kok kudet dengan ini film ya, maupun yang lama ataupun yang The Invisible Guest =.= Sejujurnya diriku suka dengan mystery ataupun puzzle. Sepertinya harus segera download ini film. Makasih infonya mas Jeff

    ReplyDelete
    Replies
    1. film baru bro, thriller-mystery spanish sih, wajar kalau banyak yang nggak tau..

      Delete
  4. The Invisible Guest awalnya alur film ini gk jelas tentang pembunuhan, tapi lama2 jadi jelas. amazing nih film :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap... ciri khas oriol paulo, masalah-masalahnya ditampilin diawal dulu. Terus di flashback dengan alur yang cukup cepat dan suspense :)

      Delete
  5. aku suka nonton film tapi kebanyakan animasi hahaha ... suka bingung cari yang bagus kelamaan liat trilernya akhirnya gajadi nonton . tapi setelah liat review film ini jadi pengen nonton .

    ReplyDelete
    Replies
    1. ketahuan dari profile picture nya sih..

      Delete
  6. Lagi kangen nonton thriller yang ngajak otak kerja gini.
    Saya selalu gak bisa ngelepas trio detektif kalau alfred hitchcock disebut

    ReplyDelete
  7. Kamu referensi filmnya keren2 deh jev. Bikin penasaran utk di tonton jadinya.. Aku suka film yg endingnya suka ga disangka gini. Kalo baca buku2 detektifpun aku jdnya terbiasa melihat tokoh mana yg kesannya ga bersalah :p.. Pdhl memang itu penjahatnya.

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>