Wednesday, May 3, 2017

Prelo, ketika Barang Original Nggak Harus Mahal!


Perkembangan startup di Indonesia memang lagi 'pesat-pesatnya'. Beragam inovasi diciptakan untuk melahirkan sebuah solusi digital bagi permasalahan-permasalahan di masyarakat.  Aplikasi startup dengan basis jual beli online pun selalu menjadi favorit dan makin menjamur. Beragam barang juga diperjualbelikan mulai dari yang murah, sampai yang mahal. Mulai dari yang original, sampai yang abal-abal.  Mulai dari yang baru, sampai yang bekas. 

Kemarin secara nggak sengaja, gue ketemu sebuah startup berbasis aplikasi jual beli barang bekas yang keren abis. Kenapa keren abis? Karena barang-barang bekas yang ditawarkan semuanya original dan harganya cukup 'nakal' karena cukup menggoda. Barang bekas yang diperjualbelikan bukan cuma sekedar barang bekas, tapi barang bekas yang berkualitas dan memang masih sangat layak untuk dibeli. Beragam barang branded yang original dengan kategori yang berbeda-beda diperjualbelikan dengan harga yang cukup miring di aplikasi ini. Nama aplikasinya Prelo. 


Prelo merupakan aplikasi jual-beli barang bekas original dengan fitur-fitur inovatif yang user friendly. Mulai dari barang pria, barang wanita, sampai yang unisex, dikategorikan dengan rapih dan tersistematis di Prelo. Barang-barang yang diperjualbelikan walaupun second, namun kualitasnya sangat terjamin karena aplikasi ini hanya memperjualkan barang-barang original aja alias no kw. Preloved abis deh barang-barangnya!

Hari-hari gue selanjutnya menjadi cukup asik setelah mendownload aplikasi ini. Jadi lebih asik karena aplikasi ini selalu menggugah gairah belanja seseorang. Sepatu bekas, kamera bekas, sampai barang-barang bekas berkualitas lainnya yang diperjualbelikan di Prelo benar-benar menggoda. Gue sendiri bukan orang yang anti barang second karena udah pernah dipake orang lain. Menurut gue, kalau barang tersebut udah pernah dipake tapi kualitasnya memang masih bagus, maka itu bukanlah sebuah masalah. Karena pada akhirnya yang kita permasalahkan dari sebuah barang adalah fungsi dan kualitasnya, bukan siapa pemilik sebelumnya. 


Penampilan memang merupakan salah satu hal terpenting yang dapat menunjang eksistensi. Namun sayangnya, harga barang-barang original yang berkualitas selalu menjadi permasalahan banyak orang. Hal ini lah yang membuat orang-orang beralih ke produk kw, yang walaupun fisiknya terlihat seperti asli tapi tetap kualitasnya abal-abal. Kalau gue,  gue lebih memilih untuk membeli barang bekas original dengan kualitas yang masih oke ketimbang barang baru tapi kw. Prelo pun hadir sebagai solusi digital buat gue.

kamera bekas

sneaker second

Kamera Sony second menjadi barang pertama yang gue cari di aplikasi Prelo ini. Waktu gue scroll, gue langsung nemu salah satu kamera Sony Alpha A330 yang harganya asik banget. Dari harga beli Rp. 6.500.000 jadi Rp. 2.500.000 aja dengan kualitas yang masih sama. Tapi sayangnya, setelah gue teliti lebih lanjut ternyata barangnya udah sold out. Barang bagus mungkin memang nggak bisa bohong. Padahal, harga sama barangnya salah satu yang paling oke dari pencarian gue di Prelo.

Sebagai penyuka sepatu, sepatu pria merupakan barang lain yang gue cari di Prelo. Kebanyakan hasil yang gue dapet adalah sneaker bekas ataupun sepatu pria second dengan kualitas original yang rata-rata kualitasnya masih 90% terjaga. Pastinya sneakers original dengan harga terjangkau dan kualitas masih tetap oke adalah pilihan yang lebih baik daripada sneakers kw baru yang kualitasnya meragukan. Karena tetarik dengan salah satu sneaker Adidas Superstar, gue hampir melakukan transaksi. Iya, hampir. Waktu gue mau memanfaatkan fitur chat pembeli yang disediakan Prelo, gue tersadar kalau ukuran sneaker itu bukan ukuran gue. 

Gue sedikit lupa kalau selain harga yang pas, sepatu original juga membutuhkan ukuran yang pas. Di kemudian harinya, beberapa kali gue membuka Prelo dengan harapan akan menemukan Sony Alpha A330 dan Adidas Superstar dengan harga yang sama, dan tentunya dengan ukuran yang pas juga. Mencari barang original dengan harga yang masuk akal di aplikasi Prelo sepintas terasa lebih menarik ketimbang bermain game di waktu luang. Bukan hanya memiliki keunggulan dari segi barang original yang memiliki harga terjangkau, aplikasi keren ini pastinya juga ditopang dengan beberapa keunggulan lainnya. 




Beberapa keunggulan seperti barang-barang variatif yang ada di Prelo, fitur-fitur inovatif, aplikasi yang user friendly, dan keamanan transaksi di Prelo adalah beberapa keunggulan Prelo selanjutnya. Keunggulan-keunggulan itu kemudian semakin membuktikan kalau Prelo itu adalah aplikasi jaul-beli barang bekas terbaik. Karena bukan cuma faktor barang-barang yang diperjualbelikan, tapi faktor aplikasinya sendri yang membuat Prelo ini sempurna. Bisa dicoba sendiri kalau nggak percaya.

Barang bekas berkualitas yang diperjualbelikan di Prelo pastinya bukan cuma kamera dan sepatu aja. Walaupun gue fokusnya nyari kamera dan sepatu di Prelo, tapi barang-barang yang diperjualbelikan di aplikasi ini ada banyak banget. Kategori-kategori barang di halaman dari aplikasi ini ada 9, diantaranya ada men, book, gadget, hobby, antique, women, beauty, baby & kids, dan living. Kategori di masing-masing halaman masih memiliki sub-kategori lagi yang berdasarkan brand atau generalisasi barang. Banyak banget deh, pokoknya.

Fitur inovatif juga menjadi salah satu senjata dari Prelo ini. Prelo menawarkan fitur-fitur yang mempermudah transaksi kayak chat penjual, love produk, comment produk, dan tentunya fitur konfirmasi pembayaran untuk memastikan keamanan transaksi. Transaksi-transaksi di aplikasi ini bakal ketolong banget deh sama fitur-fiturnya. Terlebih, karena fitur-fitur yang ada dibuat secara user friendly atau dengan kata lain dibuat untuk mudah digunakan pengguna. 

Kebayang nggak, gimana jadinya kalau aplikasi jual-beli barang dilengkapi dengan fitur-fitur keren tapi sulit untuk dimengerti pengguna? Aplikasi yang seharusnya keren karena fiturnya pasti bakal dicap sebagai aplikasi yang 'ngeribetin' oleh pengguna-penggunanya. Fitur yang tadinya keren malah menjadi blunder yang membuat pengguna-penggunanya kabur ke aplikasi lain. Prelo dalam hal ini bukan cuma memiliki fitur yang inovatif, tapi juga menawarkan aplikasi yang mudah digunakan dan mudah dimengerti oleh para penggunanya. Jual tinggal jual, Beli tinggal beli, nyari tinggal nyari. Ya, segampang itu.

Keamanan kemudian menjadi faktor yang sangat dijaga di Prelo. Prelo menjembatani transaksi buyer dengan seller sehingga yang namanya penipuan itu nggak mungkin ada di aplikasi ini. Sebelumnya, buat yang mau membeli atau menjual barangnya di Prelo wajib punya akun Prelo terlebih dahulu. Cara bikin akunnya nggak ribet, tinggal register, isi data dan selesai. Alur transaksi cukup sederhana dan mudah, seperti marketplace pada umumnya:


  1. Buyer Membeli
  2. Buyer transfer ke rekening Prelo
  3. Prelo memberi notifikasi kepada seller
  4. Seller kirim barang
  5. Seller konfirmasi pengiriman
  6. Barang sampai
  7. Buyer memberi review di kolom komentar ketika barang telah sampai
  8. Transferan yang sudah dilakukan buyer dilanjutkan Prelo  ke seller
  9. Buyer dan Seller hidup bahagia selamanya

Sama seperti sistem transaksi marketplace pada umumnya, keamanan transaksi di Prelo ini benar-benar terjaga. Karena seperti sistem marketplace, prelo bukan merupakan aplikasi jual-beli dengan sistem e-commerce yang hanya beberapa penjual saja yang bisa menjual barangnya. Prelo memberikan kebebasan buat pengguna-penggunanya entah itu pembeli ataupun penjual. Pembeli bisa menjadi penjual, dan penjual bisa menjadi pembeli. Ketika kalian memiliki barang bekas original yang berkualitas dan tidak terpakai, maka Prelo adalah tempat terbaik untuk menjual tersebut.

Harga yang murah buat barang branded original, barang-barang yang variatif, fitur yang inovatif, pengaplikasian yang user friendly, dan keamanan transaksi adalah beberapa hal yang ditawarkan Prelo kepada para penggunanya. Entah itu dari sisi penjual, ataupun pembeli. Prelo adalah jembatan terbaik bagi pemilik barang bekas original ataupun pencari barang original dengan harga terjangkau. Ketika barang bekas tetap berkualitas, ketika barang original nggak harus mahal, kektika itulah Prelo hadi sebagai aplikasi jual-beli barang bekas terbaik. 

gifs website
Ekspresi ketika menemukan kamera bekas berkualitas yang lagi
banting harga di Prelo...               

30 comments:

  1. Semalam aku udah baca sebagian tapi karena lelah jadi belum dilanjut, saat ini saatnya lanjut.

    Jujur, aku baru tahu ini prelo. Ternyata tempatnya jual barang-barang bekas. Anak kost sekali nih kalau cari barang itu yang bekas, dengan catatan masih berkualias Sepertinya prelo ini sangat cocok.

    Dari tulisan Mas Jeff tentang prelo ini, satu yang aku suka keamaannya. Karena dengan keamanan yang di dapat oleh pelanggan, itu menjadi salah satu kepercayaan. Bisa jadi juga bisa langganan cari barang-barang bekas yang berkualtias di prelo.

    Coba aku cek dulu aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap.... Prelo memang sistem transaksinya mengutamakan keamanan buyer dan seller sih :)

      Delete
  2. Wah baru tau nih ada aplikasi prelo.
    Mungkin mirip2 o*x gitu kali ya. Tapi ini sistem ny kayaknya lebih aman karena bayar langsung ke prelu. Bukan melalyi penjual nya.

    Jadi nanti si penjual barang bekas berarti dpt duit dr transferan
    dari prelo dong ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sistemnya lebih mirip dan aman kayak marketplae mbak :)

      Delete
  3. Serius beneran kamera dari 6,5 jadi 2,5? Kok ngebantingnya gila banget yhaa. Haha. Gokil. Kalo aku pikir, ini aplikasinya mirip olx digabung tokopedia. Jadi kayak olx tapi bedanya jual barang2 ori ditambah fitur rekber yang dijamin server persis kayak tokopedia.
    Dan dari postingan ini, ini aplikasi layak dicoba, penasan aja kok harganya miringnya bukan main.. Haha. Nice :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukalapak juga ada rekber kan? wqwq

      Delete
    2. langsung coba broo!

      Delete
    3. sistem transaksinya memang se-aman marketplace @puti

      Delete
  4. Baru tau ada aplikasi kayak gitu. Keren juga nih kayaknya, kapan-kapan perlu dicoba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung coba saja.. asik loh

      Delete
  5. jadi si prelo ini sistemnya sama kaya rekber yang di kaskus gitu ya, jdi pemayarannya aman. eh tapi itu beneran si sony cuma 2 jt an, dari harga segitu? hmmmm kalo gitu gue juga pengen dong :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneran, ngapain bohonh, prelo gitu loh :")

      Delete
  6. Nah ini cara mendapatkan barang bekas yang original dan elegant, jujur sih kadang aku suka malu kalau cari barang bekas langsung di tukang jula beli barang bekas, dengan cara ini jadi bisa tampil dengan barang bekas nghk pake gengsi hehe

    ReplyDelete
  7. Widih, ini nih aplikasi yang aku cari. Sebenarnya aku juga tidak terlalu suka barang kw, walaupun baru tapi kualitasnya tidak terjamin. Original tentu lebih terjamin walauupun memang harganya lumanyan. Prelo ini bisa jadi solusi tepat nih bagi yang masih peduli dengan kualitas dan kelangsungan hidup para produsen. Kapan-kapan kayaknya mau nyoba cari barang di sini dah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. original all the way ya bro..

      Delete
  8. Seken dengan kualitas prima, mau lah.
    Ini saya lagi cari benda-benda rumah tangga kayaknya bisa ke prelo deh.

    ReplyDelete
  9. Kayaknya ini cocok buat temen-temen yg mentingin brand deh. Secara gengsi adalah segalanya. Hehe

    Gue salah satu yang gak suka barang KW, Minimal yang buatan indonesia asli lah, klo gak kesampean brand luar yang mahal. kayaknya wajib di coba deh. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kualitas dari barang original itu sendiri faktor terpenting sih bro, bukam cuma gengsi..

      Delete
  10. Wih, gokil! dari hrga 6 juta-an banting harga jadi 2 juta lima ratus. Beneran itu jev Sonny alphanya harga segitu! Lumayan lah buat nambah2 list buat nyari barang2 murah tapi tetep berkualitas.

    Prelo ini ramah anak kos bnget ya, bisa jadi penjual dan pembeli. Saya sih seringnya make OLX buat nyari2 bahan bekas. Tpi keliatannya Prelo ini gk kalah aman deh sama situs sebelah. Jadi pengen nyoba nih. Kebetulan saya juga lagi nyari smartphone. Muehehe

    Nice info JeV!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Prelo memang gokil! mantap

      Delete
  11. Berarti kebanyakan barang yang di julai di prelo itu branded gitu ya? apa emang khusus untuk jual barang-barang branded doang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap, original dan banyak yang branded.

      Delete
  12. Belum pernah nyari tau tentang Prelo. Sejauh ini gue belum pernah berniat beli barang-barang tangan kedua. Belum butuh-butuh amat mungkin, ya. Masih butuh makanan (masa iya tangan kedua juga?). :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. yasudah, kalau kata raisa masih ada kali kedua

      Delete
  13. Makasih udah bikin postingan ini.
    Aku awalnya g tau prelo dan gara2 kamu jadi penasaran, kayaknya abis ini mau nyoba dan ngecek2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap, langsung di cek mbak!

      Delete
  14. Sampe sekarang aku masih nyari di olx buat nyari barang bekas. Ntar coba kepoin prelo lah siapa tau lebih asyik harganya.

    ReplyDelete
  15. Baru tau tentang prelo ini dan ternyata seru juga ya harga-harganya. Iyalah, gimana ga seru dari 6jt-an ke harga 2 jt-an dengan kualitas yg sama. Kayany banyak deh barang-barabg bagus dengan harga yg murah, yuklah mari cus ke sana~

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>