Sunday, June 25, 2017

Mengintip Banner Blog Terdahulu


Selamat petang, para penumpang yang tehormat.

Sebagai wadah yang sering menjadi media curahan dan pelampiasan, yang namanya blog pribadi pastinya telah menyimpan banyak kisah didalamnya. Entah itu kisah-kisah yang tertuang kedalam tulisan demi tulisan, atau.. kisah dari sejarah 'blog' itu sendiri. Selalu menarik buat gue untuk mengingat-ngingat kembali sejarah blog pribadi ini. Mulai dari awalnya nyari gimana cara biar blog bisa langsung "dot com" tanpa blogspot atau wordpress, sampai awal ngutak-ngatik banner blog buat dijadiin header. 

ahahaha.... 



Awal gue bikin blog ini adalah saat... awal Agustus 2014. Waktu itu gue baru naik kelas 11. Sebelumnya, gue sendiri pernah nyoba main blog secara pasif waktu kelas 8 dengan platfoam blogger dan kelas 9-10 dengan platfoam wordpress.  Karena sering ngeliat blog-blog orang lain yang bisa langsung dot com, waktu itu gue jadi kepikiran untuk membuat sebuah blog yang bisa langsung dot com. Pengetahuan awam gue sendiri dulunya adalah situs yang akhirannya "dot com" itu cuma bisa diaplikasikan ke website, sementara blog harus pake platfoam blogspot atau wordpress. 

Dimulai dari keinginan itu, dengan jurus mata-mata korea utara mulai lah gue mencari kesana kemari gimana caranya blog bisa langsung dot com. Mulai dari kata kunci di google dengan..
"Cara blog langsung dot com"
atau..
"Cara blog bisa tanpa wordpress atau blogspot"
Setelah lumayan lama mencari-cari, akhirnya.. akhirnya gue sadar kalau gue nggak bisa menemukan apa-apa. Gue masih nggak tau bagaimana menaklukkan misteri dari blog yang bisa langsung dot com. Tapi tidak, perjuangan gue tidak berakhir disitu. Dengan cara terakhir, gue waktu itu coba nanya ke Kevin Anggara. Doi kemudian ngasih tau kalau kata kunci yang bisa membuat blog bisa langsung dot com adalah... domainKeesokan harinya gue bikin sebuah blog dengan platfoam blogger, lalu gue beli domain 4 tahun dan.... spada, lahirlah blog yang langsung dot com ini. 

Awal mula dari blog ini setelah memiliki "Dot com" kemudian cukup konfliktual. Setelah memastikan kalau gue satu-satunya makhluk di sekolah gue saat itu yang punya blog yang langsung dot com, gue kemudian mulai berbesar hati, ringan tangan, batuk-batuk, demam tinggi, cikungunya. Ya pokoknya berasa punya intelektualitas lebih di dunia digital, begitu. Gue ingat postingan pertama blog ini yang cukup alay, terus postingan-postingan tentang film yang sekarang tanpa diduga-duga kena di SEO. Sampai sekarang, entah disengaja atau enggak, gue tetap mengandalkan postingan-postingan tentang film sebagai instrumen SEO yang menjadi lumbung viewers.

Bicara soal postingan, label dari postingan di blog ini cukup banyak. Awalnya memang fokus di daily life, tapi kemudian postingan dengan label movie atau postingan komersial kayak lomba atau paid post mulai berdatangan. Kalau ditanya postingan yang paling disuka, mungkin gue akan menjawab postingan daily life saat SMA dulu karena postingan-postingan itu adalah postingan terbaik untuk mengkonstruksi rasa rindu yang kemudian dikonversi menjadi ekspresi cengar-cengir. Nggak apa-apa kalau postingan daily life gue dulu agak alay atau freak. Kalau dicap alay, seenggaknya blog yang langsung dot com dan list prestasi juara lomba blog menunjukkan kalau gue adalah alay yang berintelektualitas. Ahahaha...

Tapi dari perkembangan atau perubahan blog ini dari dinasti ke dinasti, ada sebuah perubahan yang cukup menarik buat gue. Bukan perubahan gaya penulisan atau tema tulisan, tapi perubahan banner blog yang kemudian gue jadikan header. Buat gue, banner blog yang baik adalah banner yang bisa merepresentasikan gue atau si penulis blog itu sendiri. Mungkin dengan ilustrasi benda atau kata yang bisa merepresentasikan siapa si penulis, apa yang disukai penulis, atau apa yang diimpikan penulis. Ya, kurang lebih definisi banner blog yang baik menurut gue dari dulu selalu sama. Cuma... skill ngedit foto buat dijadiin banner yang dulu pas-pasan dan dicampur krisis identitas membuat banner gue terdahulu mungkin terkesan alay, atau freak, atau apalah itu. Kurang lebih, beginilah perkembangan banner blog ini dari dinasti ke dinasti..

Banner pertama.. ini anak kelas 11 freak amat dah
ada JKT48 nya cuy...
ini anak kelas 12 sok iye banget dah...
not bad lah ya untuk si anak kelas 12 ini.. 
mulai gaya pake vector.. sok-sok traveller.. emang situ kira situ iye..

30 comments:

  1. 3 terakhir saya udah ngikutin nih bro, saya dapat hadiah gak nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dapat Indomie yang bumbunya sudah mengeras, bro

      Delete
  2. cie ganti lagi.. tapi kenapa itu akreditasi masih A aja.. ganti lah akreditasi Internasional.. haahah #apaansih..

    ReplyDelete
  3. Kayaknya banner blog lo makin ke sini makin rame ya. Hehehe... gw ngikutin yang tiga terakhir sih. Makin rapi fyi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoii, header rame lebih asik dari sepi

      Delete
  4. Saya baru2 ini berkunjung. Jadi tak sempat memperhatikan banner lama. Menurut saya, banner yang sekarang ini bagus kok

    ReplyDelete
  5. gw ga mau ngintip blog terdahulu jef. gw pengennya ngintip lu mandi

    ReplyDelete
  6. Headernya bagus mas, buatin dong :)

    Seandainya ada blog yang bisa langsung dotcom tanpa beli domain mungkin semua blog langsung dotcom yah? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi, semua blog udah langsung berdomain itu mah..

      Delete
  7. anjayy, masih nyimpen aja banner2 terdahulu. keren2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. cindera mata untuk masa depan, bro :)

      Delete
  8. Banner apa header itu bedanya apasi? Kok gue jadi keder._.

    Sama kyak yg lain, gue ngikutin 3 banner trakhir. Mgkin lu mulai ngetop di saat banner ke tiga. :D
    Hebat skali smuanya msh disimpen sbgai bukti sejarah!

    Brbeda dgn lu yg lgsg bkin dot com wktu mulai serius ngeblog, gue malah sibuk dgn bgaimana mncari teman blogger supaya bsa pnya tmen ssama blogger dan blog ku jd ramai. Hahaha. Kalo balik ke jaman itu berasa msh polos gmnaaa gtu. Sama kek lu nyari gimana biar blognya lgsg dot com. Wakakaa.

    Btw, makin ksni makin keren header/bannernya! Sgala pake rumus mtk itu maksudnya opo? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. header struktur diatasnya, kalau banner lebih ke gambarnya, begitu kakak lulu..
      nyari temen biar blog rame itu seru sih..

      Delete
  9. Gue juga pengin bahas-bahas film atau buku biar trafik blog rame gitu. Tapi entah kenapa nggak bisa. Lebih pengin nulis yang gue mau aja. :(

    Yang pertama doang gue nggak tau kalau lu pernah punya header kayak gitu. Itu sepi banget. Setelahnya mulai ngikutin, dan sekarang makin rame, ya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. lo mah.. udah termasuk sesepuh yak, sudah dari zaman dahulu kala blogwalking kesana kemari :")

      Delete
  10. Waaa, banner nya bagus-bagus, lho. Aku malah hampir gak pernah ganti padahal ngeblognya dari zaman bocah :'D Sukses terus ya sama blognya :)

    ReplyDelete
  11. selalu ada indomie dan chelsea
    aku gak pernah pasang banner malahan -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 elemen yang tidak boleh ditinggalkan itu sih..

      Delete
  12. Aku ngikutin kamu kyknya sejak 2 banner terakhir deh :D. Tp memang postingan mu ttg review film slalu menarik jev.. Kyk seru banget dan Jd pengen ikutan nonton filmnya.. Bbrp film yg kamu review aku suka tuh.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, terimakasih loh mbak fanny traveler sejati :)

      Delete
  13. sha kayaknya pengunjung kelas lama deh. berasa hafal dari no 2 hahaha

    ReplyDelete
  14. Gue nggak pernah bisa bikin banner yang keren. Huahaha. Yang sekarang aja kayak asal-asalan doang. :')

    Berarti lu nggak jauh beda ya, sama gue mulai ngeblognya? Gue Juni 2014. Banner yang pertama gue baru liat sekarang malahan. Oh iya, banner yang sekarang keren. Ada fisika-fisikanya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya.. kurang lebih tahun segitu lah

      Delete
  15. Wah sempat-sempatnya nyimpen koleksi banner blog lawas, saya aja udah lupa header pertama gambar apa, hahaha... Tapi kok ada indomi goreng ya, makanan favorit ane tuh, ditelorin, dikrupukin, dicabein Cabe deh

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>