Monday, July 31, 2017

Detective Chinatown (2015), Aksi Kocak Detektif Distrik China Mengungkap Misteri Pembunuhan

Distrik China atau yang biasa disebut Chinatown merupakan distrik terkenal yang terdapat di beberapa negara besar. Dijadikan destinasi wsiata mungkin merupakan hal yang biasa bagi Chinatown, tapi apa jadinya jika Chinatown dijadikan identitas tertentu di dalam film komedi misteri? Menarik, mungkin. Hal ini yang kemudian terjadi di film Tiongkok yang mengambil lokasi syuting di Bangkok, Detective Chinatown (2015). Komedinya pecah misetrinya menarik, jarang sih, gue nemu film dengan elemen komedi dan misteri yang oke kayak film ini.

Cast: 
Liu Haoran
Tong Liya


Sinopsis Detective Chinatown (2015) 


Qing adalah seorang pria berbakat yang selalu gagal lulus akademi kepolisian China karena penyakit gagapnya yang terbilang cukup parah. Untuk mengobati rasa sedih Qing yang lagi-lagi gagal diterima di akademi kepolisian China, Qing pergi ke Bangkok untuk berlibur. Disana, ia bertemu dengan kerabatnya yang bernama Tang yang katanya merupakan seorang detektif ternama. Baru beberapa saat Qing berada di Bangkok, Qing dan Tang sudah dipusingkan dengan sebuah kasus pembunuhan di Chinatown Bangkok yang menjadikan Tang sebagai tersangkanya. Mereka pun menjadi buronan polisi Thailand semenjak itu. Berdua sebagai partner, Qing dan Tang kemudian menjadi detektif Chinatown yang berusaha mengungkap misteri pembunuhan dan membersihkan nama Tang. Siapa sangka, sebuah misteri yang telah dirancang secara sempurna telah menanti untuk dipecahkan.


Review Detective Chinatown (2015) 

Detective Chinatown adalah sebuah film yang cukup unik dan menarik. Cukup jarang sebenarnya ada film dengan komedi yang pecah dan misteri yang menarik. Ketika berbicara tentang film yang kental dengan elemen komedi dan pembunuhan, mungkin film-film dengan genre Action-Comedy atau Thriller-Comedy masih menjadi refrensi terbaik. Tapi, bukan action atau thriller yang menjadi sajian utama Detective Chinatown ini, namun sebuah misteri dengan taburan komedi.





Pengenalan dari film mandarin yang satu ini cukup menarik karena unsur komedinya pun ikut menyelimuti pengenalan dari masing-masing karakter. Komedi yang disajikan bisa dibilang cukup pecah, baik dari beberapa scene yang mengundang tawa ataupun pemanfaatan cinematography yang mengundang keabsurdan.  Salah satu scene paling menarik di film ini adalah scene 'perayaan ulang tahun' tiba-tiba. Seperti di film My Stupid Boss, scene 'perayaan ulang tahun' tiba-tiba ini ternyata merupakan ability to survive yang cukup ampuh mengundang gelak tawa.

Misteri yang dihadirkan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan film murder-mystery pada umumnya, tentang pencarian pembunuh dari beberapa clue. Pencarian clue dengan bumbu komedi yang pecah itulah yang kemudian membuat film ini terasa lebih spesial dari film murder-mystery pada umumnya. Kerumitan misteri dari film ini bisa dibilang cukup kompleks, karena tidak berakhir hanya di satu titik kesimpulan saja.

Ketika penonton telah dibuat percaya dengan satu titik kesimpulan pemecahan misteri, ternyata misteri yang sebenarnya jauh lebih kompleks dan membuat ending dari film ini terasa cukup twist. Sebuah rencana sempurna ternyata menjadi fondasi dari kasus dan konflik yang terjadi. Overall, dari segi genrenya atau dari segi film mandarinnya, film dengan durasi 2 jam 15 menit ini merupakan film yang worth to watch beybeh.


                       

14 comments:

  1. Dari dulu, sangat suka dengan caramu mengulas sesuatu. Dari segala yang pernah kamu ulas, saya menyukai film dan kamu mengulas itu disini. I really enjoy it~

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih bro, ngomong-ngomong komunitas movie bloggernya gimana tuh :")

      Delete
  2. Selalu ada updaten disini, terutama tentang film. Membuatku dapat referensi untuk di tonton. Terkadang suka cari-cari sendiri, dapet, terlihat bagus dari cover, tapi suka males, takut kurang greget filmnya. Dan, kalau baca ulasa gini, jadi tahu sedikit dan dapet gambaran, habis itu cari dan tonton dah :)

    Ini film bkin penasaran, dari judulnya juga. Harus siapkan waktu luang biar bisa nonton konsen. Terkadang banyak teman suka gak fokus..

    ReplyDelete
  3. MAsih konsisten ngereview film ya Jev.. kalo gue liat sekarang tulisan di blognya udah rata kanan kiri ya, jadi keliatan rapi tulisannya.

    Gue juga sih sama hal-hal berbau detektif, kayak Trio Detktif, Kindaichi, Detektif School Q, Conan dll.

    Tapi jarang nonton filmnya yang beginian, palingan juga anime. Tapi kayaknya boleh coba ditonton. Unik juga film detektif dibalut komedi. Dulu sempet baca komik detektif yang lumayan kocak itu City Hunter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi pak guru, tombol justify sudah berfungsi :)

      Delete
  4. eh nemu ulasan berbahasa Indonesia
    pernah baca ulasan dalam bahasa Tagalog dan ternyata emang asyik
    Klo gak salah sempat masuk beberapa nominasi ajang film China
    tapi aku tetep suka si Wang Baoqiang itu, gila lucu bingit

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap, awal mau nonton film ini pun gue sempet nyari ulasan Indonesia tapi nggak ketemu.
      Itung-itung buat SEO, maka lahirlah review ini :)

      Delete
  5. kaya e ini bakal jadi blog referensi film berkualitas versiku XD
    setelah kemaren download forrest gump gegara baca review dari sini, sekarang tertarik sama film komedi versi mandarin ini. rating dari IMDB bagus ngga Jev? wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih, beneran ditonton forrest gump nya? gokil.. terharu saya

      Delete
  6. recomended nih? boleh lah nnt nntn streaming :D

    ReplyDelete
  7. Kayaknya bagus ne film,

    Boleh ne, Jd penasaran dengan filmnya,

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>