Friday, July 14, 2017

Forrest Gump (1994), ketika Ketekunan Mengalahkan Intelektualitas


"My mama always said 'life was like a box of chocolates you never know what you're gonna get". 

Quotes tersebut mungkin bisa dibilang merupakan salah satu movie quotes paling populer di akhir abad ke 20. Yap, adegan legend Tom Hanks muda dan bangku taman tentu akan menjadi penyegar memori kalau ada yang mengutip quotes tersebut. Sebagai film legend yang katanya 'inspirasional' banget, mungkin cukup telat bagi gue untuk menonton film Forrest Gump ini di tahun 2017. Tapi itu bukan masalah, karena waktu tak akan pernah merubah esensi dari film yang memang bagus. 

Cast:
Tom hanks - Forrest Gump
Robin Wright - Jenny 


Sinopsis Forrest Gump:

Forrest Gump adalah seorang anak yang kecerdasannya dibawah rata-rata dan sering menjadi bahan olok-olok orang disekitarnya. Dengan iq hanya 75 dan kaki yang membutuhkan penyangga, masa kecil Forrest Gump terasa sangat berbeda dengan masa kecil anak-anak lainnya. Meskipun begitu, ada 2 orang wanita yang senantiasa selalu mendukung Gump. Wanita itu adalah ibunya dan juga Jenny, wanita yang sejak lama ia cintai. Dengan ketekunan yang begitu gigih, Forrest Gump ketika beranjak dewasa berhasil melakukan banyak petualangan dan menaklukkan banyak rintangan meski dengan kecerdasannya yang dibawah rata-rata. Petualangannya tentu ditemani dengan konflik demi konflik yang hadir mewarnai kehidupan Gump.



Review Forrest Gump:

Forrest Gump merupakan film tentang kehidupan yang cukup legend. Banyak aspek yang membuat film keluaran 1994 ini begitu sepsial, entah itu dari quotes cokelatnya, entah itu dari sepatu Nike nya, atau dari ceritanya sendiri. Pengenalan dan ceritanya cukup asik untuk diikuti, meskipun alurnya cenderung lamban karena alur film drama kehidupan. Film ini sendiri hampir seluruh bagiannya merupakan flashback dari cerita Forrest Gump itu sendiri di bangku taman. 




Salah satu hal yang menarik dari film ini adalah Tom Hanks muda yang somehow terlihat seperti Channing Tatum. Gue sendiri sempat gagal paham kenapa Channing Tatum bisa awet muda dari tahun 1994 sampai 21 jump Street, dan ternyata Forrest Gump bukan si Tatum melainkan si Hanks. Bahkan anak-anak trilogi Davinci Code mungkin akan banyak yang nggak mengenali Tom Hanks di kala muda ini.

Kisah Forrest Gump sendiri merupakan adaptasi dari novel yng ditulis di tahun 1986, dan yang kemudian menarik bagi gue dari karakter Forrest Gump ini adalah Gump dengan keluguan hatinya berhasil menunjukkan kepada orang-orang di sekitarnya kalau ketekunan mampu mengalahkan intelektualitas. Bahkan untuk seorang pria dengan iq 75 sekalipun, bisa jauh lebih berhasil ketimbang pria dengan iq yang jauh lebih tinggi. 

Perjuangan Gump diwarnai dengan berbagai kisah menarik dari berbagai hal yang dia lakukan. Advanture dan romance kemudian akan terasa begitu kental di pertengahan dari film ini. Selalu ada cerita menarik dan inspiratif dari setiap petualangan yang Gump lakukan, mulai dari kisahnya yang hebat berlari karena sering di bully, sampai masuk ke marinir atau menjadi kapten kapal. 





Film ini tidak sepenuhnya menggunakan alur flashback dari awal sampai akhir, tapi juga menggunakan alur maju di adegan menuju endingnya. Kayak film-film beralur flashback kebanyakan, sih.  Setelah berpetualang kesana kemari, film ini diakhiri dengan bumbu romansa yang cukup pelik. Dari keunikan cerita, film dengan durasi hampir dua setengah jam ini merupakan film yang layak tonton meskipun bisa dibilang termasuk kedalam salah satu film jadul. Believe me, you should watch this movie, because this movie is kind of movie that can motivate you and change your personal identity.


                   

18 comments:

  1. jadul juga yah fimnya, saya aja baru denger judul Forrest Gump ini, jaman segitu saya aja baru lahir. Tapi menarik juga sih dibaca dari sinopsisnya kalau ketekunan bisa mengalahkan intelektual. Kata ini hampir sama dengan kerja keras bisa mengalahkan orang yang berbakat. Tunggu IQ <75 kayak gimana sih, apa termasuk orang yang (maaf) idiot atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap, di film dibilangnya idiot,sih

      Delete
    2. seru tuh, masih ada gak yang link download nih film di situs-situs film.

      Delete
  2. Jadul dan legend. Tapi gue baru denger film ini. Cupu bgt gue. Hehe

    Tapi liat tulisan Lo sih film ini keren. Ya, gak harus lo punya IQ tinggi untuk jadi orang sukses. Butuh juga perjuangan, kayak di film ini. Keren!

    ReplyDelete
  3. Beberapa referensi yang aku dapat dari Mas Jef ini memang recomenden. Termasuk film yang ini. Meskipun jaduh sepertinya seru. Ini tahunnya sama kayak tgl lahirku..haha

    Beruntung ya, Mas, 2 perempuan itu. Meskipun tak ada Jeni, aku rasa seorang ibu tetap terus mendukugn anaknya.. Makin penasaran aja pengen nonton filmnya langsung..

    ReplyDelete
  4. Udah lamaaaa bangettt waktu nonton forest gump... Sangking lamanya sampe lupa jalan cerita detailnya. Baca reviewmu jelas mengingatkan kembali ttg isi film. Yes, ini film populer, inspiratif, dan aktor tom hanks jg melejit salah satunya karena film ini klo ga salah. Soal apakah dia mirip channing tattum wah ga merhatiin euy... Hahaha. Nice review jef.

    ReplyDelete
  5. download dulu lah, sepertinya menarik hehe
    mana yang main si captain phillips lagi :D

    walaupun film lawas, tapi misal ceritanya bagus juga masih recomended buat di tonton sekarang bang.
    beberapa bulan kemaren aku sempet nonton filmnya Jim Carrey yang judulnya Truman Show, itu film tahun 1998 tapi pas di tonton tahun 2017 juga masih fine-fine wae hehe

    menurutku dari samping malah kaya joseph gordon levitt

    ReplyDelete
  6. Well, memang film bagus nggak akan berubah esensinya meski berganti zaman. Saya suka quotes pembuka dari post ini, dan membenarkan juga. Tapi saya belum pernah nonton sih. Jadi mungkin setelah ini saya akan mencari film ini. Wkwkwk

    Sbg manusia penikmat film, ini sebenernya kegagalan yg luar biasa ya. Saya kok nggak ngeh kalo yg main itu Tom Hanks. Huhuhu

    Btw, ini kunjungan pertama saya ya. Salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue pun gak mengenali tom hanks dari trailernya, beda banget sama di davinci code soalnya

      Delete
  7. Ini film yang udah lama ya ? setelah ngeliat trailernya sepertinya aku wajib nonton film ini,
    epik banget asli. Tom Hanks mudanya gitu tah, enggak nyangka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi, tom hanks muda belum jadi peneliti agam :")

      Delete
  8. Jujur aku salut sama orang2 yang bangkit dan tidak terpuruk meskipun iq rendah dan sering diolok2. Film ini layak dijadikan tontonan buat refkeksi diri ya. Aku belum nonton sih, tapi sepertinya cocok ditonton sama keluarga

    ReplyDelete
  9. aku pernah sih denger cerita film ini dari seorang temen.. tapi belom pernah nonton hehe. kalo dari cerita temenku sih emang film ini bagus banget ada lucu, ada terharunya, inspiratif juga.. boleh lah buat rekomendasi film jadul

    ReplyDelete
  10. Aku tau sih filmnya, tp pas dia kluar dulu, aku blm hobi nonton jev :D. Masih tinggal di aceh yg bipskop aja g ada :p. Trs masih SD itu mah hahahaha.. Makanya sampe skr jg cm tau judulnya aja.. Kyknya menarik yaa.. Td liat trailer di youtube sepertinya bakal aku cari ni movie

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>