Recomended Movie For This Month (click the pict)


Little Big Master (2015)

Little Big Master (2015)
Little Big Master (2015)

Read The Review

Here

Read The Review

Here

Terkuak! 5 Negara Penghasil Film Thriller-Mystery Terbaik, Nomor 4 Bikin Geleng-geleng


Sebagai penggemar sejati genre Thriller-Mystery, menurut gue film thriller misteri yang berkelas adalah film yang memiliki alur cerita yang menarik dan mampu merangsang suasana suspense penontonnya, sementara dari negara apa film itu dirilis bukanlah sebuah indikator yang berarti. Tapi sayangnya, banyak orang awam yang memiliki stereotype tentang film yang bagus tergantung dari negaranya, misalnya film dari negara ini udah pasti bagus dan berkelas karena teknologi per-filmannya yang sudah sangat maju sementara film dari negara itu udah pasti jelek karena film di negara itu punya ciri khas pemerannya suka nari-nari di tengah adegan. Itu stereotype yang ngaco, sobat. Negara tidak menentukan sebuah film bagus atau enggak, negara hanya merepresentasikan 'budaya' dan warna dari sebuah film, camkan itu. 

Substansi dari bagus atau enggak sebuah film semuanya kembali ke cerita, alur, dan mungkin visualisasi. Dari negara mana film itu diproduksi sama sekali bukan faktor penentu. Sebagai penggemar sejati genre Thriller-Mystery, gue sendiri udah pernah nonton film dari negara-negara yang sebenarnya cukup jarang dilirik industri perfilmannya kayak Wild Tales (Argentina), La Casa Del Fin De Los Tiempos (Venezuela), sampai film-film kelewat jadul kayak Rear Window (1954) dan Vertigo (1958). Mungkin untuk kaum awam, menonton film dari negara Amerika latin dan film yang kelewat jadul adalah perilaku yang mungkin cukup 'freak'. Tapi percayalah, kalaian tidak akan tahu bagus atau tidak sebelum kalian mencoba. 

Sebagai penggemar sejati genre Thriller-Mystery yang sudah banyak menonton film thriller misteri dari berbagai negara, berikut mari kita 'kuak' daftar 5 Negara Penghasil Film Thriller-Mystery Terbaik, Nomor 4 Bikin Geleng-geleng. Kenapa nomor 4 bikin geleng-geleng? Baca aja sendiri ya...

1. Korea


Kalau diingat-ingat, 3 dari 5 film thriller ter-suspense yang pernah gue tonton adalah film thriller Korea, seperti.. Montage, The Five, dan Cold Eyes yang kebetulan ketiganya diproduksi di tahun 2013. Korea dalam genre Thriller-Mystery selalu berhasil menawarkan cerita berkelas entah dari misteri atau pengungkapannya. Karena bagaimanapun, film yang di mix dengan genre 'Misteri' harus memiliki cerita yang menarik baik dari misteri ataupun cara pengungkapannya. Film Thriller-Mystery Korea juga selalu memiliki ciri khas yang menarik. Entah dari sistem peradilan di Korea seperti 'limit 15 tahun' yang sering dijadikan instrumen dalam film, atau budaya dari detektif dan kepolisian korea itu sendiri.

Kali pertama gue mulai mencicipi Thriller Mystery Korea adalah saat kenaikan kelas dari kelas 9 ke kelas 10, saat itu film Confession of Murderer (2012) mungkin menjadi film thriller-mystery Korea pertama gue. Sejak saat itu, gue mulai tertarik dengan genre Thriller-Mystery nya Korea dan sampai sekarang pun masih tetap ngikutin film-film sejenis. Film Thriller-Mystery Korea sendiri diwarnai dengan cerita 'meremake' ataupun 'diremake'. Sebut saja film Thriller Mystery Korea kayak The Phone (2015) yang ceritanya mirip thriller hollywood Frequency (2000), atau Luck Key (2016) dan Perfect Number (2012)yang mirip "Key Of Life" (2012) dan Suspect x (2008) nya Jepang. 

Yang 'cukup' penasaran dengan daftar film Thriller Mystery Korea yang worth to watch, bisa Klik disinii.


2. US




Amerika dengan Hollywoodnya bisa dibilang merupakan hegemoni di perindustrian film dunia. Beragam genre dengan memanfaatkan teknologi green screen nya teraplikasikan secara apik dan menarik, tak terkecuali genre Thriller Mystery nya. Katakanlah film Thriller-Mystery fiction seperti Shutter Island, The Prisoners, Gone Girl, Identity, SE7EN, atau film Thriller-Mystery non fiction macam Zodiac dan Changeling, semuanya mampu menghidupkan sensasi yang cukup menyenangkan bagi para penontonnya.

Yang 'cukup' penasaran dengan daftar film Thriller Mystery barat sperti US yang worth to watch, bisa Klik disinii.


3. Jepang





Selain Korea, Jepang bisa dibilang merupakan negara di Asia penghasil film Thriller-Mystery yang berkelas. Cerita detektif ataupun murder-mystery di Jepang tentu bukan lagi cerita baru. Dari anime sampai film yang real human, Jepang terbilang cukup piawai dalam mengeksekusi film bergenre Thriller-Mystery.  Sama seperti film Jepang kebanyakan, genre Thriller Mystery secara general pun memiliki alur yang cukup lama, namun tetap apik untuk dicicip.

Confession a.k.a Kokuhaku (2010) mungkin bisa dibilang merupakan Thriller Jepang pertama yang gue tonton. Walaupun ratingnya cukup tinggi, tapi alur yang begitu lama terkesan membuat film ini begitu membosankan. Disaat itu gue mengerti, kalau nggak semua orang bisa cocok nonton film Jepang karena ciri khas alurnya yang memang lebih lama dari film dari negara lainnya. Tapi kalau dari segi storyline, Jepang bisa dibilang cukup 'unik' dalam menghadirkan cerita thriller-mystery atau mungkin bisa gue katakan sebagai negara dengan cerita di film thriller mysterynya terunik. Pertama kali gue mulai tertarik menonton Thriller-Mystery Jepang adalah sejak saat gue menonton Suspect x, dan berlanjut ke film prequel ataupun sequel dari Suspect X itu sendiri, dan bahkan sampai ke seriesnya Suspect x yaitu 'Galileo'.


Yang 'cukup' penasaran dengan daftar film Thriller Mystery Jepang yang worth to watch, bisa Klik disinii.

4. India 




Udah ada gambaran kan, kenapa nomor 4 bikin geleng-geleng?

Untuk film mystery atau murder-mystery, Bollywood bisa dibilang cukup handal dalam mengeksekusinya. Nggak jarang film Thriller-Mystery India mendapatkan rating IMDB yang bahkan jauh lebih wow ketimbang film Hollywood. Cerita dan sensasi yang diberikan film Thriller Mystery India seperti sebut saja Drishyam, Talaash, Khaani, Baby, Ugly, dan lainnya membuat Thriller Mystery Bollywood terasa begitu apik. Selain itu, budaya yang selalu ditonjolkan baik dari cara bersosialisasi ataupun budaya semacam tradisi di India juga sering dimasukan menjadi bagian dari film membuat film Thriller-Mystery India semakin terlihat ciri khasnya. Lagu demi lagu dan tarian demi tarian tak jarang membuat kepala penonton bergeleng-geleng menikmati alunan musiknya. 

Film Thriller-Mystery India pertama yang secara sengaja gue tonton adalah Drishyam (2015). Setelah menonton Drishyam, gue jadi mengerti kenapa film Thriller-Mystery India sering mendapat rating IMDB yang begitu tinggi. Sebenarnya, banyak stereotype negatif tentang film India. Banyak lagunya lah, sekali ketemu pohon langsung joget lah, dan semacamnya. Ya mungkin itu semua memang benar, karena ciri khas dari film India itu sendiri adalah merepresentasikan budaya mereka melalui filmnya itu sendiri. Masalahnya adalah, apakah lagu dan tarian secara 'mendadak' itu membuat storyline dari film India menjadi tidak berkualitas? Enggak kan...  

5. Spanyol




Banyak yang bilang kalau Alfred Hitchcok adalah seorang movie director yang master of suspense. Mungkin Alfred Hitchcok memang master of suspense, tapi pada zamannya. Kalau ditanya siapa movie director yang layak disematkan gelar master of suspense di abad ke 21 ini, mungkin 'Oriol Paulo' adalah jawabannya. Film Thriller-Mystery Spanyol kayak The Body (2012), atau The Invisible Guest (2017), sukses digarap doi menjadi film thriller dengan warna yang menarik dan sensasi suspense yang apik. Selain karena Oriol Paulo, film Thriller-Mystery Spanyol lainnya kayak The Secret in Their Eyes, Timecrimes, atau The Skin I Live In memang terbilang cukup berkelas.


Yang 'cukup' penasaran dengan daftar film Thriller Mystery Spain dan Spanish yang worth to watch, bisa Klik disinii.

21 comments:

  1. geleng-geleng bang. kok bisa india ya jd no.4

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan. bener. sesuai perkiraan.
      nomor 4 bikin geleng-geleng.

      Delete
  2. Save dulu.. Biar jd reference ku pas lg mau cari film2 keren :) .. Eh itu india sbnrnya memang udh mulai bagus kok film2nya. Walopun aku blm prnh yaa nonton yg thriller.. Tp liat aja film2 romance dan cerita2 ttg life nya.. My name is khan, slumdog millionaire, itu aku suka bangettt.. Pdhl dulu2 malesin lah nonton film kalo udh berbau india.. Ntr yaa, aku jd mau nonton jg yg thriller nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap, slumdog milionaire sama my name is khan itu memang salah 2 legend di Bollywood, sih

      Delete
  3. kejang kejang baca no. 4. ahaha

    Gone girl! gue pernah nnton tuh. memang. keren. gk terkira alurnya.

    kalo gue sendiri seringnya nilai film dari rumah produksinya, kayak lionsgate, paramount, universal, dll. aha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. akh, rumah produksi gak benar-benar menentukan, walau terkadang memang menentukan. Rumah produksi yang biasa gue lirik sih.. CJ entertaiment sama GTH Production.

      Delete
  4. sha penggemar film tapi belom pernah nntn spanyol, no 5 nya di ganti sama thailand :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. thailand thrillernya kurang sih, lebih ke horror sama romance/comedy :)

      Delete
  5. KOK BISA INDIAAA???
    setahu gue india filmnya nyeritain menantu absurd dan mertuanya yang rebutann kehormatan, ntar joget joget sambil berubah jadi ular piton. fyi, india ga ada bedanya sama indosiar, GAJE! kuatkanlah hamba..

    tapi emang karna ane ga pernah nonton india sih jadi gatau.. udah suudzon duluan

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYA CERITANYA NGGAK GITU JUGA SEMUANYA..
      masa semua film india nyeritain tentang menantu dan ular piton -___-

      Delete
  6. Hm... judul blog ini sepertinya punya maksud tersembunyi. Ini ada dua kemungkinan, penulis keseringan baca Line Today atau penulis pengen masuk di Line Today. Menarik.

    Oh iya soal Thriller-Mistery sebenarnya bukan film yang aku suka, soalnya aku penakut. Gak suka yang ngangetin gitu. Tapi kalau action yang 'full of blood' aku suka, haha.

    Tapi soal nomor 4 sih emang bener kayaknya, bukan cuma film, aku juga sempet liat beberapa webseries India yang berbau Thriller. Yah, walaupun belum tau kualitasnya karena gak nonton paling tidak dengan adanya yang membuat webseries Thriller dan kuliat viewersnya lumayan, membuktikan Thriller India patut diperhitungkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah.. gue jarang baca line today, kemungkinan gue cuma pingin main SEO :")

      Delete
  7. Sebage anak thriller juga gue merasa terpanggil untuk njejak di sini haha
    Gue juga gitu jef, males klo ada yg ngatain ga tertarik, padahal nontonpun blum...misal gue suguhkan sederet thriller korea yg pastinya u uda ngerti ndiri khas dan uniknya kek apa---nsh si orang awam itu blom2 uda ngejudge ih korea kan isinya menye2 aaaaaak padahal uda jelas2 gue jelasin genrenya thriller suspense wkkk


    E iya jef, dah nonton new whorld korea blom, byk pemain godfathernya thriller tu
    Sama the wailing juga keren, walo semi horror sik
    Bedevilled juga gorenya sadis tuh, selain gue terpesona ama setting pedesaannya

    Klo dari barat, gue suka case 39, the strangers (2008), good night mommy, the call (yg maen hale berry)

    India juga byk tuh, tp gue sebel asli pas di india ada 1 film yang samaa persis sis sis dg the man from nowhere nya won bin huft...klo gasalah yg judule rocky handsome

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, nak thriller wehehehe.
      Godfather nya alpacino? the wailing udah nonton sih, suspense sih.. tapi agak kecewa karena agak nonsense ya. Coba kalau setan-setanannya diganti sama pembunuhan yang ngetwist. Bedvilled boleh la, I Saw the Devil lebih mantap sih kalau gore korea.

      India memang ada beberapa yang remake korea, montage juga di remake sama film India yang judulnya T3N, ratingnya tinggi pula.

      Delete
  8. Wah indonesia ngak masuk ni. Mungkin kalau film prrcintaan terbaik Indo bisa lah saingi Korea hehe

    ReplyDelete
  9. drishyam bagus, penasaran sama ni film gegara rating di imdb nya waktu itu tinggi banget. tak download lah dari web gan**l. tapi pas scene sang anak laki-laki kepukul terus mati itu agak kurang "wah" menurutku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang kurang wah, tapi scene itu kemudian adalah scene yang memancing segala macam konflik :)

      Delete
  10. Bener-bener nomor 4 bikin geleng-geleng kepala. Ternyata India juga mampu memproduksi film bergenre thriller. Kirain cuma bisa nyanyian doang. Saya baru tau juga nih. Tapi BTW, kira-kira di film thriller ini, penjahatnya tetap joget-joget gak ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penjahatnya enggak, kalau lagi resen yang dijahatin yang nari-nari. Tapi kalau film thrillernya kayak Khaani, menurut badan kesehatan dunia film itu aman dari scene nari-narian.

      Delete
  11. waaaaahhh andai FTV atau sinetron masuk kriteria, pasti Indonesia juara 1 .. wkwkkw

    ReplyDelete

BELI SEPATU KUY!

@bokangco_id