Goodbye Mr Loser (2015), Memahami Arti Kehilangan Dengan Cara yang Absurd



"Kita tidak akan pernah tahu seberapa penting seseorang sampai kita kehilangan orang tersebut."

Terkesan sedih? yap, pelajaran hidup tentang kehilangan seseorang memang biasanya sedu sedan. Tapi apa jadinya, jika pelajaran tentang "kehilangan seseorang" itu dieksekusi dengan kocak dan agak absurd? Goodbye Mr Loser (2015) jawabannya.

Cast:
Shen Teng - Xia Luo
Ma Li - Ma Dong Mei
Zheng Yin - Yuan Hua


Sinopsis Goodbye Mr Loser 2015:


Di tahun 2015 Xia Luo adalah seorang suami pengangguran yang memiliki seorang istri bernama Ma Dong Mei. Xia Luo dikenal sebagai seorang pecundang oleh lingkungannya. Suatu hari, Xia Luo berpamitan kepada istrinya untuk pergi ke pemakaman ibunya, namun ternyata ia malah hadir ke pernikahan cinta pertamanya saat di SMA dulu. Siapa sangka, istrinya ternyata juga hadir di pernikahan tersebut lalu bertengkarlah mereka dengan keadaan Xia Luo yang mabuk karena habis minum. Konflik di persta pernikahan tersebut kemudian membuat Xia Luo ingin menceraikan istrinya. Namun sebelum sempat melangkah untuk menceraikan istrinya, tiba-tiba secara misterius ia kembali ke tahun 1997. Perjalanan waktu kemudian membuat dia yakin jika orang yang ingin dia ceraikan adalah orang yang paling tidak ingin dia tinggalkan.


Review Goodbye Mr Loser 2015:

Goodbye Mr Loser adalah sebuah film romansa komedi mandarin yang terbilang cukup unik. Kalau biasanya film-film romansa mandarin kuat di kisah percintaan dunia sekolah seperti di film You Are The Apple Of My Eye, At Cafe 6, atau Our Times, maka Goodbye Mr Loser kemudian juga memiliki cerita yang kuat di dunia percintaan ala sekolah dengan cara menampilkan scene di masa depan terlebih dahulu lalu diputar kembali ke masa lalu. Bedanya, cara Goodbye Mr Loser melakukan transisi alur waktu dari masa depan ke masa lalu bukan dengan cara flashback, namun dengan cara time travel.

Sebenarnya romansa dengan bumbu time travel bukanlah hal baru bagi film mandarin. Duckweed (2017) mungkin menjadi judul lain untuk romansa mandarin dengan bumbu time travel. Tapi perlu diakui, dari segi emosional cerita dan eksekusi scene, Goodbye Mr Loser mungkin merupakan salah satu film terunik untuk kategori romance-time travel.






Adegan pembuka film ini bisa dibilang cukup unik dan menarik, begitu juga dengan pengenalan masing-masing karakter yang dibuat asik untuk diikuti. Alur 'kembali ke masa lalu' yang ada di film ini terasa cukup tegas, karena bukan merupakan alur bolak-balik. Bukan tanpa alur bolak balik sebenarnya, hanya saja alur tersebut tertutup dengan esensi time travel.

Dari segi visualisasi, film ini diselimuti dengan warna yang menarik dan beberapa scene yang cukup menggelitik. Dari segi cerita, bobot yang diberikan cukup lezat untuk disantap. Kisah cinta di sekolah, sampai kisah guru otoriter yang dihakimi murid-murid seperti di beberapa film romansa mandarin ternama lain pun juga tersedia di film ini.  Salah satu yang membuat film ini terasa unik adalah karena tema besar "mengerti arti kehilangan seseorang" yang ada dieksekusi dengan komedi tanpa menanggalkan kesan sedihnya. Padahal, film tentang "mengerti arti kehilangan seseorang" pada umumnya lebih sering dieksekusi menjadi lebih berdrama seperti di film humming (2008).

In conclusion, film berdurasi 1 jam 44 menit ini adalah salah satu refrensi yang cukup menyenangkan bagi kalian yang ingin menyantap sajian komedi romansa yang cukup unik dalam sebuah film mandarin.


                       

No comments:

Post a Comment

BELI SEPATU KUY!

@bokangco_id