Contact Me to Place Your 728x90 Ads Here

test

Travel Stories

December 14, 2017

77 Heartbreaks (2017): Bukan 7 Kali, atau 7x70 kali, tapi 77 Kali Saja

Karena 7 kali terlalu sedikit, dan 7x70 kali terlalu banyak, maka 7+70 kali adalah angka yang cukup fair.
Jalan pikiran wanita memang rumit. Tidak jarang, ketika ekspektasi mereka tidak sesuai dengan realita yang dilakukan pria, mereka akan berakhir dengan menganggap pihak pria tidak peka kemudian 'ngambek' begitu saja. Lalu, Apa jadinya ketika wanita yang 'hobi ngambek' tersebut memberi batas maksimum sebanyak 77 kali saja untuk memaafkan pria-nya ketika berbuat salah? 77 Heartbreaks, jadinya.

77 Heartbreaks adalah film Romance Hongkong keluaran tahun 2017. Bukan trailer atau pemerannya yang menarik perhatian, tapi ide ceritanya. Kalau ditilik berdasarkan ayat di Alkitab, pertanyaan tentang "Harus berapa kali kita memaafkan sesama kita?" dijawab lengkap di Matius 18:21-22 dengan jawaban "Bukan tujuh kali, tapi tujuh kali tuju puluh kali". Namun pada pelaksanaannya di kehidupan, wanita dengan jalan pikirannya yang rumit menganggap memaafkan pria tidak butuh 7 kali, atau 7x70 kali, namun 70+7 kali sudah cukup fair.

Tenang, meskipun ide tentang 7x70 kali bisa dibilang lahir karena injil di Alkitab, film ini sama sekali bukan film tentang agama melainkan full romance comedy.

Cast:
Pakho Chau - Adam
Charlene Choi - Eva

Sinopsis 77 Heartbreaks (2017)


Eva dan Adam adalah sepasang kekasih yang telah menempuh hubungan asmara mereka selama 10 tahun. Suatu hari, Eva pergi begitu saja dan menghilang dari kehidupa Adam. 



Eva memutuskan hubungannya dengan Adam begitu saja, sementara Adam tidak benar-benar mengerti mengapa Eva memutuskan hubungan mereka. Hingga suatu hari, Adam menemukan buku harian Eva yang bertajuk 77 Heartbreaks dimana seluruh kesalahan Adam baik dari kecil sampai besar seperti: lupa hari anniversary, lupa jika Eva benci kismis, sampai hal-hal lainnya tercatat lengkap di buku itu. Dengan filosofi memaafkan 77 kali saja, Eva menulis segala kesalahan adam hingga halaman ke 77. Adam kemudian mulai mengerti apa yang sebenarnya terjadi.

Sinopsis 77 Heartbreaks (2017)

Film ini sendiri adalah film adaptasi dari sebuah novel. Ceritanya cukup enak untuk diikuti, idenya unik dan fresh, mungkin begitulah impression yang cukup fair untuk film ini. Nature dari karakter Eva cukup menarik, cukup idaman sebenarnya. 



Cerita asmara antara Adam dan Eva membuka ruang yang lebih luas lagi untuk cerita-cerita lainnya seperti latar belakang keluarga yang cukup berbeda. Menarik sebenarnya mengamati apa yang dilakukan pasangan kekasih ketika tengah berkonflik, dan solusi apa yang bisa dibuat untuk meredam konflik. Buku diary 77 Heartbreaks disini menjadi instrumen utama untuk memulai alur-alur flashback dari hubungan Adam dan Eva yang cukup konfliktual.

Wanita dan diary memang cukup menakutkan. Tapi tenang, karena Eva dengan diary-nya di film ini tidak se-thriller dan psycho seperti Anna dan diary-nya di film Gone Girl (2014). Mengetahui unek-unek seorang Eva tentang Adam cukup mewakili sebuah relevansi kehidupan berupa fase awal terjadinya konflik yang membuat wanita ngambek, hingga kesimpulan yang dibuat oleh wanita tentang ketidakpekaan pria.  

Film yang hampir 100 menit ini sesungguhnya bisa dikategorikan sebagai film yang agak underrated di IMDB. Kurang fair sesungguhnya menempatkan film ini 0,1 dibawah angka 6. Mungkin lebih fair kalau film ini mendapatkan bintang ya... katakan saja 6,7. 

                       

9 comments:

  1. Idenya bagus. Baru tau kalau ada ayat yang berisi tentang batas memeaafkan sesama kita (maaf, bukan penganut agama yang baik, hehe). Namanya juga Adam dan Eva ya. Haha, unik unik... Kalo konsep yang dilakukan Eva tentang menulis semua kesalahan sampai 77 ini dilakukan oleh para wanita di dunia ini..... sepertinya aku akan cepet putus kalo punya pacar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wanita dan diary memang kejam.. meskipun kejamnya eva disini belum se-extreme anna di gone girl

      Delete
  2. baru sadar kalo salah akun -_- dan malah pake punya temen wkwkwk. yah gitu tanggepanku, kayak komentar di atas wkwk.

    ReplyDelete
  3. Eva detail banget cari kesalahan cowonya, sampai-sampai ditulis di buku diary. Padahal si adam juga ngelakuin hal yang sama, tapi di buku hutang misalnya wkwk.

    Untung aja cewe gue nggak detail cari kesalahan-kesalahan apa yang gue buat, jadi nggak perlu khawatir deh. Dan untungnya lagi, gue nggak perlu khawatir buat ada orang yang mau cariin kesalahan-kesalahan gue wkwk. Hidup 0 Heartbreaks, hidup para jomblo.

    ReplyDelete
  4. Akhirnya eva balikan sama adam atau ga sih masih bingung sama endingnya

    ReplyDelete

Post Top Ad

Your Ad Spot