Menilik Rindangnya Indonesia di Hutan Astra


Hai kamu, iya kamu, yang sedang membaca tulisan ini.

Coba pejamkan matamu, lalu bayangkan jutaan pohon yang tinggi dan rindang, serta berbagai jenis tanaman yang menghasilkan udara sejuk nan sehat. Coba pejamkan lebih dalam lagi dan katakan, warna apa yang kamu lihat?

Hijau? terlalu hijau? bahkan sangat hijau? Apapun tingkatannya, yang jelas hijau adalah warna yang cukup adil untuk menggambarkan kesegaran hutan konservasi Haroto Pusako. 

Oh ya, sekarang kamu boleh membuka matamu dan menyantap fakta bahwa hutan konservasi seluas 200 ha yang terletak di Bogor ini merupakan rumah bagi berbagai macam jenis tanaman yang dimanfaatkan sebagai pusat edukasi dan wisata lingkungan berbasis pemberdayaan masyarakat. Hutan konservasi ini secara geografis berada pada 06°33’55” - 06° 37’45” LS dan 106° 50’20” - 106°57’10” BT di wilayah administrasi Kabupaten Bogor dengan ketinggian sekitar 300-500 mdpl dengan topografi landai sampai bergelombang terjal dengan kemiringan sekitar 15-40%.

Hutan konservasi memang merupakan sebuah instrumen penghijauan yang memiliki peran besar dalam pengawetan keanekaragaman tumbuhan dan satwa serta ekosistemnya. Di Indonesia sendiri, hutan konservasi telah dimanfaatkan sebagai berbagai jenis rumah untuk pelestarian seperti halnya suaka margasatwa, cagar alam, taman nasional, ataupun taman hutan rakyat. Bahkan dalam domain hukum, hutan konservasi memiliki payung hukum yang jelas pada UU No. 5 tahun 1990.

Hutan Haroto Pusako atau yang dikenal sebagai Astra Forest adalah rumah bagi beranekaragam flora dan fauna. Dua diantara flora dan fauna yang ada di hutan ini yakni burung betet biasa (Psittacula alexandri) dan katak hijau pohon (Rhacophorus reinwardtii) bahkan merupakan hewan yang terancam punah. Seperti halnya nama 'panggung'nya, hutan ini merupakan hutan konservasi hasil kerjasama Grup Astra dan juga Perum Perhutani.

Dari Astra untuk negri

Sudah terlalu banyak hal yang diberikan Astra bagi Indonesia dan memperngaruhi sendi-sendi kehidupan kita. Ambil contoh motor Honda yang gesit dan lincah yang kita miliki, Bagaimana kita mendapatkannya jika tidak ada PT Astra Honda Motor yang memproduksi dan memasarkannya? Atau, nyaman dan mewahnya kendaraan roda empat yang pernah kita naiki dengan merk seperti Isuzu, Daihatsu, BMW, Lexus, dan tentunya "Toyota" yang seluruhnya dipasarkan dan diproduksi oleh anak-anak perusahaan Astra. 

Sebagai korporasi raksasa yang telah lama perkasa berkiprah di Indonesia, menunjukkan tanggung jawab berkelanjutan dalam program Corporate Social Responsibility atau CSR tentu merupakan langkah yang sangat penting bagi eksistensi Astra sendiri. Bicara soal CSR, tentu ada 3 elemen penting yang harus dirangkul oleh korporasi atau perusahaan: lingkungan, masyarakat, dan keuntungan bagi perusahaan itu sendiri. 

Dilandasi dengan filosofi Catur Dharma, Astra telah lama membangun negri dengan produk dan layanannya. Dengan program CSR, Astra menunjukkan tanggung jawab atas apa yang telah dibangun. Astra memang begitu perkasa jika kita tilik berdasarkan program CSR yang telah diimplementasikan. Baik dari pendekatan kepada masyarakat seperti pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, hingga pendekatan kepada lingkungan seperti halnya pembuatan hutan konservatif bertajuk Astra Forest. 



Sebesar Rp. 1,2 miliar diinvestasikan Astra untuk membangun kawasan hutan Astra Sentul Eco Edu Tourism Forest (ASEETF) ini. Tidak hanya sebagai bentuk pelestarian terhadap flora dan fauna tanah air, namun hutan Astra juga merupakan sarana edukasi yang digagas sebagai upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim. Astra jelas sadal betul jika hubungan timbal balik antara masyarakat, lingkungan dan perusahaan  yang tepat sasaran akan menciptakan eksistensi bisnis yang berkelanjutan. 

Untuk itulah dalam pengimplementasiannya kepada salah satu pilar CSR Astra yakni Astra untuk Indonesia Hijau , Astra Forest digagas dengan begitu serius sebagai wujud inpirasi persembahan Astra untuk negri. Astra Forest juga merupakan wujud nyata Astra dalam merealisasikan salah satu visi perusahaan yakni menjadi perusahaan yang mempunyai tanggung jawab sosial serta ramah lingkungan.


Rindangnya Haroto PusakoRindangnya Astra

Hutan Astra atau yang juga dikenal dengan nama Hutan Haroto Pusako merupakan rumah bagi 38 jenis burung, 5 jenis mamalia, 1 jenis primata, 7 jenis reptil, 6 jenis amfibi, 21 jenis serangga dan 2 jenis arachnida. Lahan dari hutan Haroto Pusako ini merupakan lahan yang dipulihkan dari kekritisan dan digagas menjadi wisata edukasi oleh Astra sejak tahun 2012 oleh PT Astra International Tbk. Nama Haroto Pusako sendiri diambil dari bahas Ocu/Kepulauan Riau, yang memiliki arti Harta Pusaka Ibu Pertiwi. 


Haroto Pusako ternyata memang benar-benar harta. Bukan hanya sebagai rumah bagi flora dan fauna yang menawarkan keindahan dan kerindangannya, namun juga rumah bagi edukasi. Banyak anak-anak dari yayasan tertentu bahkan panti asuhan yang telah menanam banyak pohon di hutan ini guna melancarkan program edukasi. Sangat indah tentunya jika kita membayangkan bahwa rindangnya hutan ini salah satunya berkat kontribusi tangan-tangan generasi penerus bangsa. 

Menilik hijaunya Haroto Pusako tentu belum adil rasanya jika kita tidak serta menilik emasnya Astra. Karena bagaimanapun, Haroto Pusako adalah bagian dari Astra dan juga Indonesia. Astra itu seperti halnya pohon yang sangat besar dengan umur lebih dari setengah abad. Tahun 1957 adalah tahun dimana bibit pohon tersebut ditanam, dan 60 tahun kemudian pohon tersebut menjadi sangat besar bahkan terlalu besar sehingga mampu memberi oksigen kehidupan bagi banyak sekali makhluk hidup. 

Perjalanan pohon rindang ini dalam menghadapi kencangnya tiupan angin dan perkembangan zaman melahirkan inspirasi demi inspirasi yang tak pernah ada habisnya. Apa jadinya ketika semakin tinggi pohon semakin kencang angin yang menerpanya? Akan ada probabilitas pohon tersebut akan tumbang, tapi tidak begitu dengan Astra. Semakin tinggi Astra, dengan berjuta kebaikan yang juga dibumikan, maka semakin banyak juga yang ingin merawatnya. Karena bagaimanapun, Astra tidak tumbuh sendirian sebagai korporasi besar. Astra bertumbuh bersama bangsa, Astra bertumbuh bersama kita.

2 comments:

  1. Keren astra ini.. Aku aja berharap bisa kerja di sana.. :D. Program CSR mereka semuanya bagus dan kliatan gitu hasilnya buat masyarakat, ga sekedar buang2 duit CSR tp programnya ga jelas -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap, everyone wants to become part of Astra ;)

      Delete

BELI SEPATU KUY!

@bokangco_id