Contact Me to Place Your 728x90 Ads Here

test

Travel Stories

August 18, 2018

Pretensi Espresso


CEPAT itu tidak melulu berarti terburu-buru. Ada kalanya 'cepat' itu merujuk kepada sebuah tata cara penyajian rasa kepada para penikmat, dimana pretensi demi pretensi dapat tercipta kala kita menyeruput rasa tersebut. Seperti halnya, espresso.

Lahir di negri mama mia dengan nama asli 'express' yang berarti 'cepat' pada akte lahirnya, espresso kini telah terpuntir menjadi nama panggung yang fenomenal dengan rasa yang sensasional. Proses kelahirannya pun terbilang frontal, dengan semburan 7-9 gr kopi kepada ±45 ml air pada temperatur ±90°C. Waktu kelahirannya jauh lebih frontal, dengan durasi waktu setengah menit atau bahkan kurang dari setengah menit saja. 

Disajikan secara cepat tidak menjadikan espresso sebagai kopi yang terburu-buru atau nyaris tanpa persiapan. Bersiaplah dengan rasanya. Sebuah rasa trengginas yang mampu menciptakan inferioritas, sebuah rasa afeksi yang mampu menimbulkan pretensi. Bagaimana tidak, ketika kita berbicara tentang espresso dan rasa maka kita berbicara tentang seruputan enam ratus zat kimia yang ada didalamnya, antara lain koloid, kafein, gula, emulsi minyak kopi, dan kawan-kawannya. 

Plot Twist di Awal

Percayalah, bagi beberapa orang, pretensi pertama yang diciptakan espresso bukanlah pretensi saat kita menikmati rasanya. Bagi beberapa orang pretensi pertama yang diciptakan oleh espresso justru adalah saat dimana keinginan untuk mencicipi espresso itu hadir tanpa alasan yang jelas dimana rasa penasaran melandasi pretensi-pretensi tersebut.


my first espresso was brutal and... small, anomali cafe
Hal yang paling menarik dari espresso dan rasa adalah plot twist yang muncul bukan di ending, namun justru diawal dari seruputan. Sesungguhnya, penulis lebih suka menyebut twist ending ketimbang plot twist karena lebih efektif dan yang namanya twist biasanya memang di akhir, namun karena twist dari espresso munculnya di 'depan' maka tidak aplikatif jika dikatakan twist ending. Pada seruputan pertama kita akan berkutat dengan sebuah rasa pahit yang melebihi ekspektasi kita pada awalnya, namun pada seruputan-seruputan selanjutnya rasanya akan menjinak menjadi rasa asam yang jauh lebih lugu ketimbang seruputan pertama yang begitu 'tidak terduga'.

Secangkir Anomali Untukmu yang Sedang Bersedih

Seperti rasa-rasa pada umumnya, espresso dilabeli dengan rasa yang murni dan rasa campuran. Shot, Ristretto, dan Lungo merupakan 3 anak espresso yang lahir dari rahim espresso murni sementara espresso campuran memiliki Americano, Machiato, Cappuccino, Cafe Latte, Mocha, ataupun Affogato. Meski memiliki bahan dasar yang serupa yakni espresso, namun dosis, perbandingannya dengan air, dan campuran membuat mereka tak serasa. Perbedaan utama antara klan murni dan campuran adalah klan murni diciptakan tanpa susu sementara klan campuran menggunakan susu.

Bagaimanapun, espresso murni tetap menjadi jawara bagi segala pretensi yang lahir baik sesudah ataupun sebelum menyeruputnya. Plot twist diawal dengan rasa pahit yang tak terduga merupakan pembuka dari anomali rasa espresso. Pada akhirnya, percaya ata tidak, espresso adalah kopi yang cocok untuk kamu yang sedang bersdih akan permasalahan hidup. Ketika hidup penuh dengan masalah dan hal-hal pahit lainnya, ingatlah bahwa rasa pahit tidak selamanya pahit, bisa saja pahit itu hanyalah sebuah awal yang kemudian terdistorsi menjadi rasa yang lebih baik, seperti halnya espresso dan rasanya. 

4 comments:

  1. Penikmat kopi sepertinya yaa,, klo saya mah belum bs bedain rasa2 kopi,, wkwk

    ReplyDelete
  2. Ada yang bilang semanis2nya kopi tetap ada pahitnya. begitu juga kehidupan

    ReplyDelete
  3. BROKER TERPERCAYA
    TRADING ONLINE INDONESIA
    PILIHAN TRADER #1
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT
    Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
    Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
    Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
    Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

    Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!

    ReplyDelete
  4. Espresso doang aku ga kuat. Favoritku cuma 1 utk espresso. Campur 2 shot espresso ama green tea latte :p. Sempurna dan bisa ketelan, buatku setidaknya :p. Yg campurannya mantep, masih starbuck sih hahahahah. Mainstream banget memang..

    ReplyDelete

Post Top Ad

Your Ad Spot