Parasite (2019), Berkelas namun Tidak Benar-benar Twist


Sensasional dan unik, begitulah Parasite (2019). Mungkin, 'The Basement' mungkin bisa menjadi opsi judul lain yang cukup akurat dan menarik jika sekiranya Bong Joon Ho selaku sutradara film Parasite ingin mengganti judul film ciptaannya yang sempat menggemparkan industri perfilman itu. Yap, menekankan keseluruhan film kepada besmen nampaknya cukup representatif untuk film Korea 'terlaris' di Indonesia yang sudah memenangkan beberapa penghargaan film Internasional ini. 

Cerita yang unik menjadi substansi bagi sensasi dari film Parasite. Black Comedy di awal, twist di tengah, suspense di belakang, kurang lebih seperti itu alurnya. Jika kita melirik ke bangku sutradara, dimana Bong Joon Ho menjadi pria utama yang duduk di bangku tersebut, tidak menjadi sebuah keheranan seharusnya mengapa Parasite dapat menjadi salah satu film Korea terlaris di tahun 2019 ini. Bong Joon Ho adalah seorang legendaris di industri film Thriller Korea, seperti halnya Memories of Murder (2001), salah satu karyanya yang tentu telah menjadi salah satu masterpiece bagi industri film Thriller-Mystery Korea.

Sebagai pecinta film Thriller-Mystery, perlu saya akui jika Bong Joon Ho menjadi alasan mengapa Parasite merupakan salah satu film yang paling membuat saya penasaran di tahun 2019 ini. Rasa-rasanya, menantikan film buatan Bong Joon Ho sama seperti menantikan film-film thriller spanish buatan Oriol Paulo. Banyak yang menyebutkan bahwa Parasite memiliki twist ending yang begitu berkelas. Namun setelah saya menyaksikan film tersebut, saya meredefinisikan Parasite sebagai film yang sangat berkelas, namun tidak benar-benar twist di ending.

Sinopsis Parasite (2019)

Menceritakan sebuah keluarga yang kekurangan dan bahkan harus tinggal di sebuah basement apartemen jelek. Mereka sehari-hari hanya mengandalkan upah dari melipat kardus pizza. Mendadak, Kim Ki Woo (Choi Woo Shik) mendapat kesempatan untuk jadi tutor seorang anak dari keluarga Park yang memang kaya raya. Di sini lah Kim Ki Woo berusaha untuk memasukkan semua anggota keluarganya untuk bisa bekerja di kediaman Park. Bahkan mereka rela memalsukan ijazah dan siapa yang menyangka kalau ini bakal menjadi tragedi untuk keluarga mereka? (Sinopsis by Kapanlagi)

Review Parasite (2019)

Salah satu hal yang paling menarik dari Parasite adalah anda tidak akan benar-benar tahu jalan cerita dari film Parasite hanya dengan membaca sinopsis ataupun trailernya. Tidak seperti film pada umumnya yang mungkin bisa kita terka-terka jalannya dengan menyaksikan trailer ataupun membaca sinopsis, Parasite hanya bisa dirajut benag merahnya jika kita menyaksikan keseluruhan film tersebut.

Secara perbandingan apple to apple dengan Thriller-Black Comedy lain, komedi dan adegan tusuk menusuk  Parasite mungkin tidak se-'black' film Cold Fish (2010), yang merupakan salah satu Thriller-Black Comedy Jepang yang sudah memiliki nama. Namun cerita dari film Parasite merupakan sebuah karya yang lebih berkelas dan mampu menyajikan sensasi ketegangan di adegan-adegannya. Pada awalnya kita akan dibuat menikmati alur dan permainan keluarga Ki Woo. Kita akan dibuat terpukau dengan kecerdikan dan kejahatannya, sebelum akhirnya sesuatu membuat alur cerita 'ngetwist' di tengah. 

Dari segi aktor atau aktris, menaik bagaimana saya mengamati seorang Kang Ho Song hadir di film Parasite sebagai sosok ayah. Kang memang sudah malang melintang di industri film Thriller Korea dan penampilan ciamiknya di Parasite menjadi reuni tersendiri bagi ia dan Bong Joon Ho sebagai aktor dan sutradara yang dulu sempat bekerja sama di film Memories of Murder (2001) dan Okja (2017). Kang dengan kharismanya merupakan karakter yang sangat tepat untuk mengisi peran ayah, selebih itu seluruh karakter juga memainkan peran yang pas dan tepat. Namun sepertinya, jika kita cermati lebih lanjut, sosok 'kevin' rasanya akan lebih tepat jika diisi oleh seorang Kang Ha Neul seperti pembawaannya di film Forogtten (2017).

Banyak pihak yang mengatakan jika ending dari film Parasite mampu memberi sensasi twist dan tak terduga yang begitu apik.  Namun bagi saya, twist di film Parasite hanya bermain di tengah film saja. Selebihnya menjelang akhir film, kita tidak dapat mendefinisikan itu sebagai twist. Di bagian paling akhir film pun, tidak sulit bagi saya untuk menebak dimana 'tempat persembunyian' yang dimaksud. Sehingga hemat saya, Parasite merupakan film yang memang sangat berkelas dan unik dari segi cerita, namun tidak benar-benar twist.

                       

2 comments:

  1. Wah bagus banget nih sepertinya filmnya. Saya jadi penasaran nih sama filmnya langsung hihi

    ReplyDelete
  2. Saya lihat thumbnail film ini di lk21 kemarin. Tidak terlalu tertarik, karena saya pikir another version dari film Parasite buatan Jepang. Ternyata..............berbeda. Okay now I wanna watch it, mumpung masih pagi.

    ReplyDelete

Pages