10 Tahun Tokopedia: Jadi Super Ekosistem?


Ekosistem bukan hanya tentang sebuah sistem lingkungan hidup, namun ekosistem adalah tentang sebuah tempat dimana para individu yang terlibat di dalamnya dapat mempengaruhi satu sama lain. Hubungan timbal balik adalah substansinya. Dan seperti sebuah tempat dimana semua pengguna dapat memulai dan menemukan apa yang mereka inginkan, mempengaruhi satu sama lain, memberikan dampak yang besar secara menyeluruh, seperti itulah Tokopedia ingin dikenal di usianya yang menginjak 10 tahun. 

Keinginan untuk menjadi ekosistem super mungkin terdengar 'berani' mengingat di hari ini hampir semua perusahaan teknologi yang sudah mapan berlomba-lomba untuk mendapatkan klaim diri sebagai Super App. Super Ecosystem bukanlah nama lain dari Super App, keduanya lahir dari konseptualisasi yang berbeda. Dalam hal ini, Super App berarti aplikasi luar biasa dimana seluruh keinginan pengguna dapat disediakan oleh 'si aplikasi'. Sementara Super Ecosystem merujuk kepada aplikasi luar biasa dimana seluruh keinginan peengguna dapat disediakan pengguna itu sendiri. 

Satu Dekade

                      

Tanggal 17 Agustus kemarin bukan hanya menjadi hari ulang tahun yang ke 74 bagi Indonesia, namun juga hari ulang tahun yang ke-10 bagi marketplace terbesarnya--Tokopedia. Di usianya yang sudah menginjak 1 dekade, ada sebuah hal menarik yang digemakan Tokopedia dimana Tokopedia meredefinisikan 1 dekade sebagai titik balik, bukan malah superioritas. Di Usianya yang ke-10, ada banyak pencapaian mengagumkan yang telah dicapai oleh Tokopedia. 

Menjangkau 97% kecamatan di Indonesia, memasarkan lebih dari 150 juta produk, memberdayakan lebih dari 6 juta penjual, dan mengambil andil dalam lebih dari 1% ekonomi Indonesia. Luar biasa? Tentu saja! Namun, mengapa 'Kami Baru Mulai' diambil sebagai tema dalam 1 dekadenya ketimbang tema lain yang mungkin bisa lebih menonjolkan pencapaian-pencapaian mengagumkan tersebut? Satu dekade adalah sebuah titik balik. Pencapaian-pencapaian selama 10 tahun adalah modal yang digunakan untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya, bukan untuk ajang pencitraan. 

Kami Baru Mulai

                     
                   

Setelah 10 tahun, Tokopedia baru memulai. Memulai untuk menjadi ekosistem super. Mimpinya untuk menjadi ekosistem super tentu dapat terwujud jika kita juga berani memulai. 

Sepuluh tahun Tokopedia mengajarkan bahwa terkadang ketika kita sudah berada di titik menuju puncak, bukan berarti kita sudah dekat dengan tujuan kita sesungguhnya. Justru titik menuju puncak merupakan cerminan dan refleksi bahwa sebenarnya kita baru memulai. Setelah beberapa tahun aktif menggemakan 'Mulai Aja Dulu', maka 'Kami Baru Mulai' adalah 3 kata magis yang tepat untuk merepresentasikan perjuangan untuk membuat banyak orang brgabung di ekosistem tersebut, mulai melakukan berbagai macam hal, dan mulai memberi dampak bagi sesama.

1 comment:

Pages